kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,39   4,99   0.55%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akulaku Raih Investasi Tambahan US$ 100 Juta dari Siam Commercial Bank


Selasa, 15 Februari 2022 / 13:04 WIB
Akulaku Raih Investasi Tambahan US$ 100 Juta dari Siam Commercial Bank
ILUSTRASI. Aplikasi fintech Akulaku?Finance.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform perbankan dan keuangan digital di Asia Tenggara, Akulaku mengumumkan investasi strategis senilai US$ 100 juta oleh Siam Commercial Bank (SCB), sebuah bank asal Thailand.

Kesepakatan ini mengikuti keberhasilan pendanaan yang diperoleh Akulaku sebesar US$125 juta pada tahun 2021, yang dipimpin bersama oleh Silverhorn Group sebagai investor yang ada dan mitra pembiayaan Akulaku sejak 2018.

Anak perusahaannya, Bank Neo Commerce (BNC) juga menyelesaikan right issue di Bursa Efek Indonesia sekitar US$175 juta pada kuartal keempat tahun 2021.

Baca Juga: Bank CTBC dan Akulaku Finance Jalin Kerja Sama Channeling untuk Fasilitas Pembiayaan

“Putaran pendanaan kami baru-baru ini akan memungkinkan kami untuk melanjutkan visi itu dengan lebih memperluas jangkauan geografis dari penawaran kami di seluruh Asia Tenggara dan memungkinkan kami untuk terus memperkenalkan inovasi baru untuk melayani pelanggan kami.” ujar CEO Akulaku William Li, Selasa (15/2).

Didirikan pada tahun 2016, Akulaku telah menjadi platform Buy Now Pay Later (BNPL) dan menyalurkan kredit lebih dari US$ 2,2 miliar pada tahun 2021 kepada lebih dari 6 juta pengguna.

Berangkat dari kesuksesan itu, BNC meluncurkan layanan mobile digital banking pada Maret 2021, dan kini menjadi bank digital dengan lebih dari 13 juta pengguna saat ini.

Dengan lebih dari 80% konsumen yang sekarang berpartisipasi dalam e-niaga, pasar ritel digital Asia Tenggara tumbuh secara eksponensial. Layanan kredit digital Akulaku siap untuk lebih mempercepat transformasi digital ritel di Asia Tenggara, menyediakan pasar baru akses konsumen ke layanan perbankan yang fleksibel.

Presiden Direktur Siam Commercial Bank Arak Sutivong dari mengungkapkan investasi di Akulaku ini menandai komitmen berkelanjutan dan keyakinan kuat bank terhadap prospek jangka panjang Indonesia sebagai salah satu ekonomi digital dengan pertumbuhan tercepat.

Baca Juga: Rights Issue Bank Neo Comerce Mundur ke Kuartal II-2022

“Kami sangat antusias dengan investasi di perusahaan ini dan berharap dapat memanfaatkan keahlian mendalam kami di sektor jasa keuangan Thailand untuk mendukung ekspansinya,” ujar Arak Sutivong.

Morgan Stanley bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif untuk Akulaku sehubungan dengan transaksi tersebut. Sementara, Kirkland & Ellis International LLP bertindak sebagai penasihat hukum untuk Akulaku sehubungan dengan transaksi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×