kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amar Bank (AMAR) Lakukan Kerja Sama Pendanaan Supply Chain Untuk Dorong Kredit UMKM


Kamis, 22 Februari 2024 / 14:57 WIB
Amar Bank (AMAR) Lakukan Kerja Sama Pendanaan Supply Chain Untuk Dorong Kredit UMKM
ILUSTRASI. Bank Amar Indonesia (AMAR) fokus diri untuk segmen ritel dan UMKM dengan memperluas kerjasamanya di bidang supply chain financing


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) terus memfokuskan diri untuk segmen ritel dan UMKM dengan memperluas kerjasamanya di bidang supply chain financing. Kali ini AMAR bekerjasama dengan PT Maulana Karya Persada (MKP) yang merupakan perusahaan di sektor usaha minyak kelapa sawit (CPO) dan turunannya.

Penandatangan kerja sama antara Amar Bank dengan MKP dilakukan sebagai bentuk terjalinnya komitmen bersama yang akan mendukung kegiatan bisnis dari rantai usaha MKP sebagai mitra kunci untuk membuka jalan para supplier dalam mengakses pendanaan dari Amar Bank.

Eka Banyuaji, Direktur Korporasi, Komersial dan Operasional Amar Bank mengatakan,  kerjasama strategis ini bernilai ratusan miliar yang dipastikan penggunaannya untuk menunjang perkembangan unit bisnis yang sekaligus akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dalam skala nasional karena melibatkan hingga puluhan dan ratusan pelaku usaha dalam segmen retail serta UMKM.

Kedua pihak meyakini kerjasama ini mampu mendorong unit usaha para supplier dalam segmen UMKM menjadi semakin bertumbuh. 

Baca Juga: Bank Amar Telah Realisasikan Buyback Saham Senilai Rp 62,15 miliar

"Sebagai pioneer digital bank di Indonesia, Amar Bank akan terus memperkuat komitmennya dalam mendukung segmen UMKM serta para pengusaha retail terkait," kata Eka dalam siaran pers, Kamis (22/2).

Lebih lanjut Bank Amar dalam mekanisme kerjasama pembiayaan melalui bentuk supply chain ini sebelumnya telah melakukan proses seleksi awal untuk calon partner bisnis dengan mempertimbangkan berbagai hal, di antaranya status perusahaan besar yang memiliki rantai supplier dan distributor aktif untuk tujuan pendanaan produktif, dengan plafond bisa mencapai di atas Rp25 miliar.

"Strategi ini terus kami lakukan berkelanjutan dalam menjangkau para partner bisnis yang akan menjembatani penyaluran pendanaan supply chain hingga mampu diakses dan dinikmati lebih banyak lagi pelaku UMKM," kata Eka.

Ke depan Eko optimistis melalui kerjasama dengan MKP, Amar Bank akan turut berkontribusi secara signifikan dalam mendorong pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Sebagai informasi, MKP adalah salah satu perusahaan yang bergerak di sektor usaha minyak kelapa sawit (CPO) serta produk turunannya yang dapat menjadi bahan bakar alternatif ramah lingkungan (renewable energy) seperti cangkang kelapa sawit, kernel shell, hingga tandan kelapa sawit. Berdiri sejak 2012, MKP saat ini menjalankan operasionalnya dengan dua pabrik kelapa sawit di wilayah Kalimantan Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×