kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amar Bank Melalui Tunaiku Telah Menyalurkan Pinjaman Rp 10 Triliun Sejak Diluncurkan


Jumat, 22 Maret 2024 / 15:01 WIB
Amar Bank Melalui Tunaiku Telah Menyalurkan Pinjaman Rp 10 Triliun Sejak Diluncurkan
ILUSTRASI. Logo PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR). Amar Bank Melalui Tunaiku Telah Menyalurkan Pinjaman Rp 10 Triliun Sejak Diluncurkan


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) melalui produk pinjamannya Tunaiku telah menyalurkan total pinjaman lebih dari Rp 10 triliun sejak peluncurannya pada 2014 lalu. 

Senior Vice President Retail Banking Amar Bank, Abraham Lumban Batu, mengatakan perseroan memiliki komitmen besar untuk terus berkontribusi dalam memperluas ekosistem digital agar ada lebih banyak lagi masyarakat yang terjangkau oleh layanan bank digital.

Lebih lanjut Abraham menyebut dengan mengedepankan solusi keuangan inovatif melalui kehadiran produk Tunaiku yang telah melayani hampir 400.000 UMKM sekaligus memudahkan nasabah untuk mencapai tujuan keuangannya.

Baca Juga: Bank Digital Berlomba Tawarkan Bunga Deposito Tinggi, Ada yang Sampai 9%

"Kami mengadopsi teknologi inovatif secara cepat guna memberikan solusi keuangan bagi kebutuhan nasabah yang terus berkembang melalui kehadiran fitur-fitur modern dalam layanan digital banking," kata dia  dalam keterangannya, Jumat (22/3).

Kehadiran teknologi yang saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan keseharian turut berdampak pada peningkatan produktivitas, termasuk pengembangan usaha yang dapat berjalan lebih cepat dan efisien.

Tak terkecuali pada sektor keuangan, dimana pertumbuhan digital banking yang semakin pesat menjadikannya lebih mudah diakses oleh masyarakat yang masih sulit mendapatkan pinjaman dana serta bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan modal untuk pengembangan usaha.

Sebagai salah satu pelaku dalam industri ini, kehadiran Tunaiku menjadi fokus Amar Bank untuk membawa perubahan yang baik bagi masyarakat dengan membantu meningkatkan inklusi keuangan melalui tools yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraannya dengan layanan berbasis fintech.

Baca Juga: Tak Pakai Promosi Jor-Joran, Begini Cara Amar Bank Gaet Debitur

Pada 2022, Badan Pusat Statistik mencatatkan adanya mayoritas industri mikro dan kecil yang bergerak di bidang usaha makanan, dengan porsi 36,7% dari total jumlahnya secara nasional. 

Welly (33 tahun), salah satu pengguna Tunaiku yang mengembangkan usaha catering, menyampaikan  dalam menjalankan usaha sampingannya di industri catering, tentu membutuhkan dana yang lebih besar untuk mengembangkannya.

"Atas rekomendasi rekan, kami memilih Tunaiku dengan memperhatikan limit yang akan didapat untuk disesuaikan dengan kebutuhan kami saat itu," kata dia.

Pada saat itu Welly mengajukan pinjaman pertama sebesar Rp3 juta, dananya berhasil membantu perkembangan usaha catering-nya hingga akhirnya dapat mengajukan dana yang lebih besar untuk membawa usaha sampingan catering menjadi sebesar sekarang dengan ratusan pelanggan yang semua berawal dari usaha rumahan keluarga.

Baca Juga: Adu Kuat Modal Bank Digital, Siapa Juaranya?

Pertumbuhan UMKM yang semakin banyaknya di Indonesia juga memiliki tantangan lainnya. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut, sebagian besar UMKM masih mengalami tantangan seperti kesulitan naik kelas, minim akses digitalisasi, sulit menembus pasar global, hingga kekurangan layanan finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×