Reporter: Nadya Zahira | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Allianz Utama Indonesia atau Allianz Indonesia berusaha untuk meningkatkan penjualan unitlink melalui produk asuransi kesehatan Allianz Flexi Medical Plan. Produk asuransi kesehatan unitlink rider yang diluncurkannya hari ini Kamis (19/9), perseroan berharap pendapatan premi bisa tumbuh hingga 20%.
"Salah satu tujuan diluncurkannya produk baru ini memang untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk unitlink ya, meski unitlink kami masih cukup lumayan stabil dan konsisten," kata Country Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, Himawan Purnama kepada Kontan.co.id, di Jakarta, Kamis (19/9).
Himawan optimis dengan adanya produk Allianz Flexi Medical Plan ini, dapat meningkatkan pendapatan premi dari produk unitlink milik Allianz. Dia memprediksi peningkatannya kurang lebih bisa mencapai 20%. Semester I kemarin, pendapatan premi dari produk unitlink di Allianz Life telah mencapai Rp 5,8 triliun.
Menurutnya saat ini lebih dari 70% dari total pendapatan premi perusahaan pada semester I-2024 disumbang oleh produk unitlink. Menurutnya hal ini sebenarnya mencerminkan kebutuhan masyarakat terhadap unitlink masih tinggi.
"Pendapatan premi produk unitlink juga menunjukkan pertumbuhan sebesar 11%, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu," imbuhnya.
Baca Juga: Allianz Life&Allianz Syariah Luncurkan FlexiMedicalPlan,Asuransi Kesehatan Fleksibel
Untuk menggenjot kinerja unitlink, Himawan mengatakan Allianz Life akan terus berinovasi menyediakan rangkaian produk, rider, fund yang unggul, serta inovatif, sesuai dengan kebutuhan nasabah yang berbeda-beda. Selain itu, manajemen juga akan berinvestasi terhadap peningkatan kualitas teknologi untuk meningkatkan pengalaman nasabah dan distributor lewat tenaga pemasar dan mitra bank.
Lanjut Himawan, melihat rendahnya tingkat penetrasi asuransi di Indonesia, Allianz Life juga terus memperkuat dan memperluas jaringan mitra bisnis perusahaan. Dengan dukungan kolaborasi itu, ia menyakini pertumbuhan bisnis pada produk unitlink akan makin meningkat, seiring dengan meningkatnya pemahaman nasabah terhadap pentingnya perlindungan asuransi.
Allianz Life tetap optimistis mencatatkan pertumbuhan dari lini bisnis unitlink. Dengan perlindungan yang komprehensif, sehingga menjadikan produk unitlink dapat memberikan manfaat yang lengkap dan menarik bagi masyarakat.
Asal tahu saja, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat bahwa pendapatan premi dari produk unitlink mencapai Rp 36,68 triliun pada semester I-2024, turun 13,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News