kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asing dibatasi, HSBC siap lepas saham Bank Ekonomi


Kamis, 14 Agustus 2014 / 16:53 WIB
Asing dibatasi, HSBC siap lepas saham Bank Ekonomi
ILUSTRASI. Brokoli


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Bank HSBC Indonesia menegaskan kesiapannya untuk melepaskan sebagian kepemilikan sahamnya di Bank Ekonomi Raharja. Langkah ini diyakini tak akan membuat anak usaha Bank HSBC Indonesia itu menjadi limbung.

Maya Rizano, SVP Head of Group Communication and Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia mengungkapkan jika pembatasan kepemilikan saham asing maksimal 40% jadi diberlakukan di industri perbankan Indonesia, pihaknya siap untuk mematuhi.

"Karena tentunya aturan ini tidak hanya berlaku bagi HSBC, tapi semua bank asing yang ada di Indonesia," kata Maya pada KONTAN, di Jakarta, Kamis, (14/8).

Maya menegaskan kalaupun sebagian besar saham di Bank Ekonomi memang harus dilepas, hal ini tak akan serta membuat anak usaha HSBC tersebut langsung terancam kolaps. Sebab Bank Ekonomi sudah memiliki spesialisasi segmen bisnis tersendiri yang berbeda dengan HSBC.

"Kami kan lebih banyak di wilayah kredit korporasi dan komersial, sedangkan Bank Ekonomi di segmen usaha kecil dan menengah (UKM) serta ritel," pungkas Maya.

Revisi RUU perbankan sendiri semakin memasuki babak akhir. Komisi XI DPR RI dijadwalkan melakukan rapat pembahasan RUU tersebut pada 18-20 Agustus mendatang.

Ditargetkan RUU ini sudah kelar dan disahkan sebelum masa bakti Anggota DPR Periode 2009-2014 selesai pada 30 September mendatang. Salah satu klausul baru dalam RUU perbankan adalah pembatasan maksimal saham asing di sebuah bank di Indonesia hanya 40%.

Saat ini cukup banyak bank di tanah air yang dikuasai perbankan asing. Contohnya Bank Ekonomi yang saat ini 98,94% sahamnya dimiliki oleh HSBC Asia Pacific Holding (UK) Limited. HSBC Asia Pacific Holding (UK) Limited adalah anak perusahaan dari HSBC Holding Plc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×