kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.199   95,00   0,58%
  • IDX 6.984   6,63   0,09%
  • KOMPAS100 1.040   -1,32   -0,13%
  • LQ45 817   -1,41   -0,17%
  • ISSI 212   -0,19   -0,09%
  • IDX30 416   -1,10   -0,26%
  • IDXHIDIV20 502   -1,67   -0,33%
  • IDX80 119   -0,13   -0,11%
  • IDXV30 124   -0,51   -0,41%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,19%

Bank Besar Terus Lengkapi Fitur Baru pada Layanan Digital Banking


Kamis, 29 Juni 2023 / 13:08 WIB
Bank Besar Terus Lengkapi Fitur Baru pada Layanan Digital Banking
ILUSTRASI. Melengkapi beragam fitur pada SuperApp agar semakin bersaing dengan bank-bank digital


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank-bank besar terus melengkapi fitur baru pada layanan digital bankingnya untuk sempurna menjadi layanan SuperApp. Sehingga tak kalah canggih dari aplikasi yang ditawarkan bank-bank digital.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) hingga kuartal I/2023 telah merilis fitur-fitur baru yang berkaitan langsung dengan kebutuhan harian nasabah. Diantaranya, perluasan fitur topup wallet, pembukaan second account nasabah, hingga yang terbaru perseroan merilis fitur terkait valas seperti pembukaan tabungan Felas, e-deposito valas, hingga fitur jual beli valas.

"Ke depan kami akan terus menambah fitur baru di SuperApp BTN Mobile termasuk untuk layanan lifestyle yang menggandeng mitra-mitra strategis seperti fintech, insurance maupun mitra strategis lain yang berkaitan langsung dengan kebutuhan nasabah kami," ungkap Andi Nirwoto Direktur IT & Digital Bank BTN kepada kontan.co.id, Kamis (22/6).

Baca Juga: Kembangkan Diri Menjadi SuperApps, Allo Bank Gaet Mitra Strategis Melalui Kolaborasi

Andi menuturkan, transaksi digital banking perseroan menunjukkan trend peningkatan positif dengan kenaikan YoY sebesar 36% yang didominasi oleh transaksi di BTN Mobile.

Perilisan SuperApp BTN Mobile juga turut mendongkrak peningkatan jumlah transaksi mengingat berbagai fitur dan layanan yang di sediakan disebut Andi sangat menunjang kebutuhan nasabah BTN dalam bertransaksi perbankan.

Hingga Mei 2023, jumlah user active yang bertransaksi di BTN Mobile tercatat mencapai lebih dari 25% dari total keseluruhan user saat ini, meningkat dibanding pengguna aktif di mobile banking BTN versi lama.

"Perbaikan dan peningkatan layanan pada SuperApp BTN Mobile mampu menarik nasabah lama dan baru untuk aktif bertransaksi di BTN Mobile," katanya.

Pihaknya pun optimistis dengan pertumbuhan ekonomi saat ini dan melihat trend kebelakang, transaksi digital tahun 2023 di BTN akan mampu tumbuh hingga lebih dari 20% dibanding pencapaian di tahun 2022.

Baca Juga: Tiket Penerbangan Citilink Kini Bisa Anda Dapatkan di AirAsia Superapp

"Hal tersebut sudah kami persiapkan dengan strategi pemasaran dan inovasi produk sesuai dengan profiling dan kebutuhan nasabah kami," sambungnya.

Andi menggaku, perseroan akan terus berinovasi di superapp BTN Mobile, baik dalam pengembangan fitur internal maupun kolaborasi dengan mitra strategis dengan tujuan menempatkan superapp BTN Mobile sebagai aplikasi utama perbankan bagi nasabah dan masyarakat.  

Tak mau kalah, PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga juga terus mengembangkan digital superapp OCTO Mobile untuk memenuhi kebutuhan layanan perbankan digital nasabah dengan terus meluncurkan fitur-fitur barunya.

Head of Digital Banking, Branchless & Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh mengatakan, kini nasabah tidak perlu pergi ke kantor cabang atau call center hanya untuk sekadar mengubah data tabungan, karena bisa dilakukan melalui OCTO Mobile.

Tak hanya fitur-fitur perbankan, OCTO Mobile juga telah menyediakan fitur lifestyle, seperti untuk pembelian tiket pesawat.

"Jadi ada banyak fitur baru yang akan kita introduce. Ini bukan lagi mengenai transaksi perbankan, karena sudah komplet dan sudah menjadi umum. Tapi, kami ingin mulai introduce fitur lifestyle seperti beli tiket pesawat, dan fitur-fitur lainnya yang akan kita introduce di tahun 2023," jelas Lusi.

Nasabah juga disebut Lusi dapat membayar berbagai transaksi cashless melalui scan QRIS dengan empat pilihan sumber dana, yakni rekening ponsel, tabungan, kartu kredit, dan poin xtra. Semuanya dapat dilakukan melalui perangkat smartphone yang sangat user-friendly.

Baca Juga: CIMB Niaga Gandeng DAV Hadirkan Mesin Pintar, Permudah Proses Tukar Poin Xtra Nasabah

Menurutnya, di tahun 2023 ini banyak kejutan yang akan pihaknya siapkan untuk nasabah, per kuartal ada gebrakan-gebrakan baru. "Intinya platform OCTO Mobile akan lebih baik, lebih bagus, karena kita mengikuti tren teknologi yang ada di global," katanya.

Ke depan, CIMB Niaga berencana meningkatkan layanan digitalnya. Pada triwulan kedua tahun ini, pihaknya akan merilis fitur BI-Fast, QRIS, dan pembayaran mata uang asing pada aplikasi Octo Mobile.

Lalu, pada triwulan kedua dan ketiga tahun ini, pihaknya akan berinovasi mengeluarkan berbagai fitur baru.

Sampai dengan Desember 2022, total frekuensi transaksi digital perbankan CIMB Niaga mencapai 223 juta atau bertumbuh 67,5% secara tahunan.

Jumlah pengguna aplikasi Octo Mobile mencapai 2,5 juta pengguna dengan 644.000 pengguna baru sepanjang 2022. Kini, 97% dari total transaksi CIMB Niaga dilaksanakan secara digital.

“Penggunaan layanan digital perbankan terus bertumbuh. Masyarakat kian lekat dengan aplikasi dan layanan digital karena lebih cepat, mudah, dan praktis,” ujar Lusiana.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga terus menambahkan fitur baru di Super App Livin by Mandiri. Terbaru Livin by Mandiri meluncurkan fitur pembukaan Rekening Tambahan.

Dengan kehadiran fitur ini, nasabah pengguna Livin’ by Mandiri bisa langsung melakukan pembukaan hingga lima rekening sekaligus tanpa perlu ke kantor cabang.

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto menjelaskan, nasabah juga dapat secara leluasa memilih jenis kartu debit untuk setiap tabungan yang dimiliki, baik berupa kartu fisik, virtual, maupun keduanya.

“Nasabah pengguna Livin’ by Mandiri dapat menempatkan dana yang dimiliki sesuai dengan peruntukan atau kebutuhan. Nggak perlu lagi download banyak aplikasi perbankan, cukup satu di Livin’ by Mandiri,” ungkap Aquarius.

Baca Juga: Bank Mandiri Genjot Kepemilikan Kendaraan Listrik Melalui Kopra dan Livin’

Lebih lanjut, Aquarius mengatakan rekening tambahan ini dapat dipergunakan nasabah untuk mengelola ragam kebutuhan finansial. Mulai dari tabungan dana darurat, pembelian, pembayaran atau untuk kebutuhan menabung lainnya.

Pasalnya, berbeda dengan tabungan rencana atau deposito, rekening tambahan yang dibuka di Livin’ by Mandiri bisa digunakan sebagai sumber pembayaran.

“Dengan adanya fitur ini, nasabah bisa memiliki banyak tabungan, dan namanya bisa di-personalized sesuai dengan keinginan, tabungan darurat, tabungan iuran bulanan, hingga kebutuhan lifestyle atau gaya hidup lain,” imbuh Aquarius.

Tak hanya fitur Buka Tabungan Tambahan, Bank Mandiri juga membubuhi fitur lain di Livin’ by Mandiri yaitu ubah PIN Kartu Debit atau Kredit, Request Kartu Debit Fisik, sampai Copy Billing Address.

“Ke depan, Bank Mandiri akan terus berupaya mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan nasabah untuk menyajikan solusi finansial yang sesuai dengan harapan masyarakat,” pungkas Aquarius.

Hingga April 2023, Bank Mandiri mencatatkan transaksi melalui layanan Super App Livin' by Mandiri telah mencapai Rp 968,6 triliun. Jumlah ini meningkat 68% secara tahunan atau year on year (YoY).

Sementara itu sampai dengan akhir April 2023, Livin' by Mandiri telah diunduh hampir 27 juta kali. Adapun, pada periode Januari-April 2023, Bank Mandiri telah mampu mengelola lebih dari 812,62 juta transaksi, meningkat 41% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Setali tiga uang, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) semakin serius menggarap aplikasi superapps yang dimiliki, BRImo. Ini tercermin dari peningkatan nilai transaksi maupun volume transaksi di aplikasi tersebut

Per Mei 2023, BRI mencatat nilai transaksi melalui aplikasi, yang sudah digunakan oleh 27,2 juta pengguna ini, telah tembus Rp 1.547 triliun dengan peningkatan mencapai 76,3% secara tahunan (YoY).

Di periode yang sama, jumlah transaksi finansial di aplikasi BRImo telah mencapai 1,1 miliar transaksi. Hal tersebut meningkat 87,76% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca Juga: Naik 76%, Nilai Transaksi BRImo Capai Rp 1.547 Triliun hingga Mei

“BRI terus mengembangkan BRImo dengan menyiapkan beragam fitur menarik yang mengedepankan pada ecosystem transaction di dalam BRImo”, ujar Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto.

Andrijanto bilang fitur terbaru yang masuk dalam aplikasi BRImo adalah fasilitas ekosistem layanan valuta asing (valas). Di mana,  nasabah dapat bertransaksi valas baik untuk keperluan transaksi ekspor/impor, ataupun untuk persiapan dana keperluan traveling maupun pendidikan ke luar negeri di aplikasi tersebut.

Secara kinerja, Ia bilang sampai dengan Mei 2023 hadirnya layanan transaksi valas di BRImo juga terus bertumbuh ditandai dengan peningkatan volume transfer antar negara melalui BRImo sebesar 167% dan volume konversi valas sebesar 229,88% dibandingkan tahun lalu.

Lebih lanjut, Ia menegaskan BRI akan mengedepankan customer experience yang difasilitasi secara terpadu dalam setiap layanan. Salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas one-stop service melalui berbagai fitur pada BRImo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×