kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank BTPN dan Fintech Danai.id Jalin Kerja Sama Channeling


Kamis, 29 Februari 2024 / 23:39 WIB
Bank BTPN dan Fintech Danai.id Jalin Kerja Sama Channeling
ILUSTRASI. Bank BTPN dan Fintech Danai.id meneken kerja sama channeling penyaluran kredit produktif kepada UMKM pada Kamis (29/2/2024).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan masih gencar melakukan kolaborasi dengan fintech lending dalam penyaluran kredit. Terbaru, PT Bank BTPN Tbk menjalin kerjasama channeling dengan Danai.id untuk penyaluran kredit ke pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan menggunakan teknologi fintech lending yang dimiliki Danai.id, BTPN berharap proses pembiayaan menjadi lebih efisien, transparan, dan dapat dijangkau oleh UMKM yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

Azhar Abdul Wahab Direktur Utama PT. Adiwisista Finansial Teknologi (Danai.id) mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan BTPN dalam menyalurkan kredit produktif kepada pelaku UMKM.

“Kerja sama ini membuktikan bahwa Danai.id merupakan perusahaan yang sehat dan memiliki tingkat risiko yang sesuai dengan risk appetite  Bank BTPN,” kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (29/2).

Baca Juga: BTPN Syariah (BTPS) Bukukan Laba Rp 1,08 Triliun, Segmen Ultra Mikro Jadi Penopang

Ia menyampaikan, Danai.id  berdiri sejak 2018 dan mencatatkan pertumbuhan bisnis secara konservatif tetapi pasti. Kredit yang sudah disalurkan mencapai Rp 488 miliar dengan TKB 90 terjaga di level 99,46%. Menurutnya, rasio itu menunjukan prinsip pemberian kredit yang penuh kehati-hatian dan sehat.

“Perusahaan kami sudah  menghasilkan profit sejak Desember tahun 2022 dan terus konsisten menghasilkan profit dari bulan ke bulan. Memang tujuan utama kami mendirikan Perusahaan ini adalah untuk menghasilkan profit, bukan hanya untuk meningkatkan valuasi saja”, ujar Azhar.

Sementara itu, Irianto Gunawan, Direktur Bisnis Danai.id menjelaskan, ada tiga produk kredit yang ditawarkan perusahaan ke pelaku UMKM, yakni fasilitas pembiayaan invoice, fasilitas pembiayaan micro-developer, dan fasilitas pembiayaan inventory. 

Ia bilang, sekitar 80% dari porsi pembiayaan Danai.id saat ini masih pada pembiayaan invoice. Namun,  kedepannya diharapkan porsi pembiayaan lain juga bisa mengalami peningkatan dan pertumbuhan yang lebih besar.

Baca Juga: Penuhi Aturan Free Float, SMBC Lepas Kepemilikan 200 Juta Saham di BTPN

Menurut Irianto, kerja sama dengan BTPN erupakan salah satu wujud sinergi antara fintech lending dengan perbankan yang sama-sama memiliki visi untuk mendukung program pemerintah dalam pembiayaan UMKM.  

“Kerjasama dengan Bank BTPN ini lebih dari sekadar bentuk kerjasama dalam upaya perluasaan pangsa pasar nasabah pembiayaan, namun juga menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan dari mitra-mitra strategis industri perbankan kepada Perusahaan fintech lending.” ujarnya. 

PT. Adiwisista Finansial Teknologi adalah perusahaan Fintech Lending (P2P Lending) yang  mengelola platform “Danai.id”.  Fintech ini menyediakan solusi pelayanan jasa keuangan dengan mengandalkan teknologi sebagai prasarana untuk menghadirkan solusi kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×