Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Narita Indrastiti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) mengincar kenaikan fee based dari transaksi e-commerce. Hal ini dilakukan, salah satunya dengan sistem otentifikasi domestik transaksi pembayaran online yaitu B-Secure dengan tujuh bank lain.
Rivan A Purwantono, Direktur Konsumer Bank Bukopin bilang, saat ini fee based dari e-commerce masih menyumbang 10% dari total pendapatan nonbunga.
“Selama ini orang ragu bertransaksi dengan kartu di e-commerce karena masih kurang keamanannya, harapannya dengan adanya sistem otentifikasi domestik untuk pembayaran online ini bisa diatasi,” kata Rivan kepada Kontan.co.id, Kamis (26/9).
Dengan masuknya Bank Bukopin sebagai partner B-Secure diharapkan keamanan transaksi pembayaran online terutama di e-commerce dengan kartu debit bisa lebih bagus.
Dengan semakin banyaknya transaksi di e-commerce, maka diharapkan bank bisa mendapatkan kue fee based dari bisnis ini. Rivan memberikan info, beberapa transaksi fee based seperti pembayaran listrik dan e-commerce mempunyai margin cukup tinggi sampai 15%.
Intinya, untuk meningkatkan fee based dari e-commerce dan fee based secara umum ini diperlukan edukasi kepada masyarakat. Sebagai gambaran, fee based Bank Bukopin sampai Juni 2018 Rp 389 miliar atau naik tipis dari periode sama 2017 Rp 383 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News