kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Capital (BACA) Resmi Menobatkan Capital Global Investama Sebagai Pengendali


Jumat, 28 Juni 2024 / 08:10 WIB
Bank Capital (BACA) Resmi Menobatkan Capital Global Investama Sebagai Pengendali
Jajaran Direksi Bank Capital usai RUPST dan Public Expose di Jakarta.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pemegang saham PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA) secara resmi telah menyetujui pengambilalihan PT Capital Global Investama sebagai pemegang saham mayoritas, hal ini telah mendapat persetujuan dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlangsung Kamis 27 Juni 2024 di Jakarta.

"Hasil dari RUPSLB Bank Capital disetujuinya pengambilalihan saham 74,70% Bank Capital oleh Capital Global Investama, sebagai pemegang saham mayoritas, dan pengendali," ungkap Kurniawan Halim, Direktur Utama Bank Capital kepada Kontan.co.id.

Sebagai informasi, Capital Global Investama telah menjadi pemegang saham mayoritas sejak akhir tahun 2022 lalu. Capital Global tersebut menambah kepemilikan sahamnya dari 27,67% menjadi 73,7% pada Desember 2022. 

Penambahan kepemilikan saham tersebut dilakukan Capital Global Investama dengan mengambil bagian dalam penerbitan saham baru sebanyak 12,87 miliar saham yang dilaksanakan pada Desember 2022. Nilai penerbitan saham mencapai Rp 1,3 triliun.

Baca Juga: Kinerja Bank Bermodal Mini Diperkirakan Naik Dua Digit

Namun BACA baru mendapatkan persetujuan terkait dengan pengambilalihan serta rancangan pengambilalihan dan konsep akta pengambilalihan.

Selain itu, BACA juga telah mendapatkan persetujuan kepada direksi untuk mengalihkan, melepaskan hak atau menjadikan jaminan utang atas kekayaan Bank Capital yang merupakan lebih dari 50% jumlah kekayaan bersih Bank Capital dalam satu transaksi atau beberapa transaksi yang berdiri sendiri ataupun berkaitan satu sama lain. 

Setelah persetujuan RUPST tersebut, Capital Global Investama telah menggenggam sebanyak 74,70% saham Bank Capital dan resmi menjadi pengendali saham mayoritas. 

Ke depan, Bank Capital akan fokus pada segmen pertumbuhan kredit pensiunan. “Tahun ini kami lebih banyak mungkin akan fokus pertumbuhan itu di sisi pensiunan, kredit-kredit pensiun. Itu mungkin yang salah satu jadi backbone-nya yang sedang berjalan,” kata Kurniawan. 

Baca Juga: BI: Kredit Perbankan Tumbuh 12,15% Per Mei 2024

Bank Capital menilai, segmen pensiunan relatif lebih aman dan stabil, dimana pasar segmen ini juga sudah terbentuk di Bank Capital. 

Adapun dari sisi sumber pendanaan, Bank Capital akan berfokus pada dana-dana murah yang berasal dari nasabah ritel. Salah satu sumber pendanaan murah tentunya masih akan berkaitan dengan nasabah pensiunan. Bank juga berupaya untuk mengurangi ketergantungan pada deposan-deposan inti yang memiliki dana cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×