kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45787,20   0,76   0.10%
  • EMAS1.012.000 0,40%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Bank Mandiri prediksi transaksi remitansi ramai akhir tahun


Rabu, 27 November 2019 / 22:09 WIB
Bank Mandiri prediksi transaksi remitansi ramai akhir tahun
ILUSTRASI. Pemaparan kinerja Bank Mandiri Triwulan III/2019 di Jakarta, Senin (28/10).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI, anggota indeks Kompas100 ini) memperkirakan transaksi pengiriman uang dari dank e luar negeri (remitansi) akan meningkat pada akhir tahun, sama seperti pada saat jelang lebaran. Transaksi diprediksi naik 5% dari bulan sebelumnya.

Sampai akhir tahun, Bank Mandiri menargetkan, transaksi remitansi bisa mencapai sekitar 900.00 0 hingga 1 juta transaksi.

Baca Juga: Walau kondisi ekonomi belum stabil, bank yakin NPL bakal turun tahun depan

“Pada akhir tahun biasanya terdapat peningkatan transaksi remitansi retail Bank Mandiri seperti yang terjadi pada periode lebaran,” kata SPV Retail Deposit Products and Solution Bank Mandiri M Gumilang pada KONTAN, Rabu (27/11).

Hingga Oktober 2019, frekuensi remitansi retail baik outgoing maupun incoming telah mencapai sekitar 800.000 transaksi, tumbuh sebesar sekitar 4% YoY.
Untuk transaksi incoming remittance, sebesar 70% berasal dari negara Malaysia, Hong Kong, Saudi Arabia, Amerika Serikat, dan Singapura.

Sedangkan untuk transaksi outgoing sebanyak 48% dilakukan ke negara Singapur, China, Amerika Serikat, Hong Kong, dan Australia.

Adapun Fee Based Income (FBI) yang didapat Bank Mandiri dari remitansi sampai Oktober telah mencapai Rp 110 miliar atau tumbuh 7% YoY.
Sampai akhir tahun, Bank Mandiri menargetkan FBI dari bisnis remitansi sebesar Rp 124 miliar.

Baca Juga: Perbankan minta aturan penjualan wealth management offshore diperlonggar

Untuk mendorong pencapaian target itu, perseroan telah mengimplementasikan program gratis biaya transaksi TT SWIFT di Cabang Bank Mandiri untuk transaksi outgoing retail remittance.

Sementara untuk mendorong transaksi incoming retail remittance, tengah dilakukan pengembangan channel transaksi alternatif untuk melayani pengiriman uang dari luar negeri, serta pengembangan model bisnis keagenan dan partnerships untuk menjangkau lebih banyak nasabah.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×