kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Nobu Gadeng MD Co Menggelar Program Pemberdayaan 10.000 UMKM


Sabtu, 12 Agustus 2023 / 14:01 WIB
 Bank Nobu Gadeng MD Co Menggelar Program Pemberdayaan 10.000 UMKM
ILUSTRASI. Bank Nobu bekerja sama dengan MD Co menggelar program pendampingan UMKM


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) memperkuat dukungannya terhadap pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Terbaru, bank milik Lippo Group ini menggandeng MD Co menggelar program pemberdayaan 10.000 UMKM Ekonomi Kreatif di Indonesia. 

Program pemberdayaan UMKM tersebut terutama ditujukan untuk femalepreneur atau pengusaha wanita. Kerjasama ini diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia.

Kerjasama tersebut diteken oleh Merry Riana selaku Managing Principal MD Co dan Suhaimin Johan selaku Direktur Utama Nobu Bank saat penyelenggaraan InspiraFest 2023 pada 12 Agustus 2023.

Suhaimin Johan mengatakan, Bank Nobu sebagai bank yang berfokus pada pengembangan UMKM, memiliki visi yang selaras dengan MD Co dalam mengidentifikasi, mengembangkan, membina dan membuka akses keuangan bagi UMKM Ekonomi Kreatif, khususnya para femalepreneurs.

"Nobu Bank melihat bahwa MD Co melalui InspiraFest-nya telah menjadi muara bertemunya para pelaku UMKM Ekonomi Kreatif terutama femalepreneur dari berbagai jenis usaha, dan berbagai daerah di Indonesia yang tentunya membutuhkan mitra dalam pengembangan usaha, khususnya dalam hal akses permodalan," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (12/8).

Baca Juga: Akankah Hapus Tagih Kredit UMKM Bisa Mempercepat Penyaluran KUR?

Ia bilang, Bank Nobu siap memberikan dukungan penuh, tidak hanya melalui penyediaan permodalan, namun juga pembinaan dan pemberdayaan melalui penyediaan berbagai layanan transaksi perbankan digital seperti layanan mobile banking NobuNeo, layanan Merchant QRIS, dan kerja sama keagenan melalui NobuBank88 (branchless banking). 

Keempat layanan tersebut menjadi business in the box yang ditawarkan Nobu Bank kepada para pelaku UMKM di ajang InspiraFest 2023 yang diharapkan dapat menjadi one stop solution bagi tumbuh kembangnya UMKM, khususnya usaha mikro di Indonesia.

Adapun kerjasama Bank Nobu dengan MD Co mencakup tiga aspek. Pertama, pembinaan dan pemberdayaan UMKM Ekonomi Kreatif khususnya femalepreneur dengan memberikan peluang bisnis baru dan membuka akses kemitraan di sektor-sektor tertentu seperti bengkel, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), Food & Beverages (F&B), layanan laku pandai, dan lain-lain.

Kedua, kerjasama dukungan akses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan layanan perbankan dari Nobu Bank untuk pengembangan usaha. Ketiga, coaching dan community, yaitu program pelatihan bisnis bagi pelaku usaha UMKM secara terpadu dan kemudahan dalam melakukan kegiatan bisnis antar pelaku UMKM  dalam lingkup komunitas yang dibentuk dan dibina oleh MD Co. 

Baca Juga: OJK Pastikan Merger Bank Nobu dan MNC Bank Bakal Tetap Terjadi

MD Co adalah sebuah Venture Builder yang fokus pada pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang didirikan oleh Merry Riana dan David Tjokrorahardjo. Selama 10 tahun terakhir, MD konsisten menyelenggarakan InspiraFest, sebuah acara mega seminar tahunan yang diselenggarakan khusus untuk mempertemukan para entrepreneur muda dan pelaku UMKM di Indonesia.

Pada InspiraFest 2023, selain Merry Riana dan David Tjokrorahardjo, MD Co juga menghadirkan Mochtar Riady (pendiri Lippo Group), Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Henry Kaestner (pendiri Sovereign’s Capital), serta lebih dari 30 Top Entrepreneur dari berbagai sektor industry.

Pada perhelatan InspiraFest 2023 juga digelar  penganugrahan Merry Riana Entrepreneur of the Year Award. Merry Riana bilang, ada lebih dari 10.000 UMKM mendaftar untuk total 20 kategori, mulai dari Femalepreneur, Mompreneur, F&B, Creative, Positive Impact, dan lainnya.  MD menyiapkan hadiah uang tunai Rp 400 juta kepada 20 pemenang di setiap kategori.

Selain itu, juga ada hadiah uang tunai Rp 100 juta dibagikan setelah pelaku UMKM mendapatkan pelatihan dalam program MD Accelerator. Program MD Accelerator ini terbuka untuk semua pelaku UMKM.

"Semua ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM Ekonomi Kreatif, khususnya Femalepreneur, bukan hanya untuk belajar dari para narasumber, tapi juga mendapatkan dukungan nyata dalam bentuk pendanaan," kata Merry Riana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×