kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Telah Memiliki 666.000 Agen Hingga Juni 2023


Senin, 14 Agustus 2023 / 15:41 WIB
Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Telah Memiliki 666.000 Agen Hingga Juni 2023
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di agen BRILink Gunungsindur, Bogor, Jawa barat, Senin (5/6/2023). Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Telah Memiliki 666.000 Agen Hingga Juni 2023.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pertumbuhan bisnis laku pandai yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yakni Agen BRILink terus mencatatkan kinerja yang positif. 

Hingga akhir Juni 2023, BRI mencatat telah memiliki 666.000 agen yang tersebar di 59.705 desa di seluruh Indonesia. 

Dari sisi finansial, agen-agen tersebut mencatatkan 518 juta transaksi finansial dengan volume transaksi mencapai Rp 675 triliun.

Selain itu, hingga akhir Juni 2023, Agen BRILink memberikan Fee Based Income kepada BRI senilai Rp 728 miliar, dan diperkirakan perkirakan fee yang didapat oleh agen mencapai 2-3 kali lipat dari yang diterima BRI.

Baca Juga: Panduan Cara Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa Kartu dan Dengan Kartu

Terkait penghipunan DPK, Agen BRILink mampu menghimpun CASA Rp 20,36 triliun dan mencatatkan referral pinjaman dengan disbursement senilai Rp 1,8 triliun

Agustya Hendy Bernadi, Corporate Secretary BRI menyampaikan, pada tahun 2023, Agen BRILink lebih berfokus pada penguatan ekosistem mikro dengan adanya partnership dengan Mantri sebagai tenaga pemasar BRI di segmen mikro.

"Dengan 666.000 AgenBRILink yang tersebar di seluruh Indonesia. Kolaborasi dengan Mantri BRI tersebut nantinya diharapkan dapat membangun ekosistem ekonomi mikro yang mandiri, salah satunya dalam penyaluran pinjaman melalui AgenBRILink Mitra UMi," ujar Agustya kepada kontan.co.id, Senin (14/8).

Agustya menyebut, AgenBRILink Mitra UMi adalah Agen yang difokuskan untuk menyalurkan pinjaman Ultra Mikro kepada masyarakat, sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi seluruh pelaku UMKM dalam hal penyediaan modal usaha untuk menghindari praktek rentenir. 

Baca Juga: Nasabah Bank Raya (AGRO) Dapat Tarik Tunai Tanpa kartu di ATM BRI, Begini Caranya

Selain itu, untuk peningkatan kualitas layanan Agen BRILink akan terus memberikan inisiatif dan terobosan baru dengan menambah fitur produk/layanan dan memaksimalkan partnership dengan BRI Grup yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat seiring dengan penetrasi bisnis digital sehingga AgenBRILink dapat memaksimalkan perannya dari sekedar banking assistance menjadi sales/pemasar. 

Ia menjelaskan, jumlah AgenBRILink yang terus bertambah, perlu adanya peningkatan dan maintenance loyalitas nasabah agar agen daoat lebih kompetitif. 

Pengetahuan Agen BRILink tentang produk dan marketing skill pun perlu dikalibrasi seiring dengan bertambahnya produk dan layanan BRILink. Hal ini akan diakomodir dengan adanya aplikasi BRILinkers sebagai wadah bagi agen untuk sharing produk, layanan dan ide diantara Agen BRILink. 

Baca Juga: BRI Kantongi Fee Based Income Rp 478 Miliar dari Agen BRILink Per April 2023

"Meskipun Agen BRILink dekat dan melayani pasar mikro BRI, Agen BRILink bukan hanya menjadi enabler untuk segmen tertentu, namun sebagai business collaborator yang melayani bisnis untuk BRI Group dan menjadi center of community, menjual produk konsumer & UKM, dan menyediakan bisnis tambahan untuk Agen BRILink melalui kemitraan Korporasi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×