kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Sumsel Babel (BSB) targetkan kredit tumbuh 8%-9% pada tahun depan


Senin, 06 Desember 2021 / 19:08 WIB
Bank Sumsel Babel (BSB) targetkan kredit tumbuh 8%-9% pada tahun depan
ILUSTRASI. Bank Sumsel Babel atau Bank SumselBabel, bank pembangunan daerah di sumatera selatan dan bangka belitung. Foto Dok Sriwijaya Post (grup Tribun)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Sumsel Babel (BSB) optimis bisa melakukan ekspansi lebih kencang tahun depan.  Ban ini menargetkan penyaluran kredit akan tumbuh di kisaran 8%-9%.

Optimisme pertumbuhan tersebut dengan asumsi pertumbuhan ekonomi semakin membaik  seiring dengan meredanya kasus Covid-19 secara signifikan diikuti dengan tingkat vaksinasi yang semakin meningkat.

Antonius Prabowo Direktur Bank BSB mengatakan, porsi kredit UMKM dan korporasi/komersial bisa meningkat menjadi 28,22% dari 25,9% tahun ini. Hal itu karena penyaluran sindikasi diproyeksi akan meningkat. UMKM sendiri ditargetkan akan 14,15%.

Sementara hingga kuartal III 2021, porsi kredit konsumer masih mencapai 76%,  UMKM sebesar 11,61% dan Korporasi/komersial sebesar 13,64%.

Baca Juga: Bank Commonwealth perkirakan investasi reksadana saham di wealth management akan naik

Untuk mencapai target tersebut, BSB akan fokus menyalurkan kredit ke segmen yang menjadi kompetensi utama perseroan dan yang paling tidak terdampak Covid- 19. Perseroan juga memperhatikan sektor perekonomian yang terdampak Covid-19 serta mempersiapkan mitigasi dengan tingkat risiko yang terukur.

"Penyaluran kredit akan dilakukan secara selektif, berkualitas dan sustainable dengan tetap berpegang pada prinsip kehati-hatian dan azas perkreditan yang sehat," kata Antonius pada Kontan.co.id, Jumat (3/12).

Selain itu, BSB juga akan mempercepat pertumbuhan kredit di segmen konsumtif dengan melakukan sentralisasi kredit dan optimalisasi penyaluran kredit/pembiayaan melalui aplikasi Digital Loan.

Adapun dalam mendorong kredit UMKM, akan dilakukan kerjasama dengan fintech serta berkolaborasi dengan  asuransi/penjaminan untuk memperkuat pondasi pertanggungan penjaminan kredit/pembiayaan Bank Sumsel Babel

Tahun depan, Bank BSB menargetkan pangsa pasar perseroan di Sumatra Selatan dan Bangka Belitung bisa meningkat sekitar 58%-59% dari market share tahun ini.

Baca Juga: BCA lihat prospek bisnis wealth management tahun depan cukup besar

Untuk mendorong pangsa pasar, perseroan akan meningkatkan fungsi intermediasi perbankan dalam rangka penghimpunan Dana Pihak  Ketiga dan peningkatan penyaluran kredit.

Selain itu, BSB akan memperluas jaringan distribusi dan e-channel serta BSBLur melalui program One Agen One Village sesuai potensi bisnis di wilayah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, membangun ekosistem Pemda dan Ekosistem Bisnis, optimalisasi penghimpunan dana program pemerintah, serta mendorong transaksi non tunai melalui optimalisasi penggunaan layanan e-channel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×