kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Sumut raih laba Rp 305 miliar di semester I 2021


Senin, 26 Juli 2021 / 19:28 WIB
Bank Sumut raih laba Rp 305 miliar di semester I 2021


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Sumut mencatatkan laba sebesar Rp 305 miliar hingga Juni 2021.   Direktur Operasional Bank Sumut Rahmat Fadillah mengatakan, aset bank juga meningkat 15,9% yoy menjadi Rp 39,1 triliun.

"Pertumbuhan juga tercatat dari dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun mencapai Rp 32,2 triliun atau meningkat sebesar 17% yoy. Sektor penyaluran kredit juga tercatat membaik dengan peningkatan sebesar 3% yoy menjadi Rp 24,3 triliun jika dibandingkan posisi Juni 2020 sebesar Rp 23,6 triliun," ujar Rahmat dalam keterangan tertulis, Senin (26/7).

Direktur Bisnis dan Syariah Irwan menambahkan, penyaluran kredit Bank Sumut ditopang dengan penyaluran berbagai kredit program emerintah. Tercatat Bank Sumut juga telah menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 1,1 triliun untuk tahap II dengan jumlah debitur mencapai 6.990 debitur.

Pertumbuhan kredit juga diiringi dengan membaiknya rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) menjadi 3,70% dibanding posisi Juni 2020 sebesar 4,44%. Irwan juga menyebutkan, hingga saat ini Bank Sumut telah membantu lebih dari 7.335 debitur yang terdampak pandemi Covid-19 dengan merestrukturisasi kredit terutama debitur pada sektor UMKM.

Baca Juga: Simak prediksi bankir soal laju pertumbuhan kredit pada semester kedua

Lebih lanjut, Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto mengatakan, Bank Sumut semakin memfokuskan peningkatan digital banking untuk meningkatkan kinerja serta value produk dan layanananya kepada nasabah. Tercatat saat ini pengembangan layanan digital Bank Sumut telah menyasar berbagai segmen nasabah diantaranya layanan digital untuk nasabah individu, korporasi dan pemerintah daerah.

Lalu, layanan mobile banking Bank Sumut untuk penerimaan daerah dan Negara seperti PBB, Samsat, PDAM, retribusi dan lainnya kini telah dapat dipergunakan di 33 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara.

Inovasi lainnya yang juga dikembangkan Bank Sumut adalah pengajuan kredit seperti KMG Online kini telah dapat dilakukan secara online melalui aplikasi yang dapat diakses pada smartphone. Sampai saat ini tercatat sebanyak 12.136 dokumen dari aplikasi kredit secara online telah diproses.

Penggunaan aplikasi secara online untuk pengajuan kredit ini tentunya merupakan solusi bagi calon debitur ditengah masa pandemi yang tetap dapat melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor Bank.

Direktur Kepatuhan Bank Sumut Eksir menambahkan, sejalan dengan peningkatan bisnis dan kinerja, Bank Sumut juga terus berbenah untuk perbaikan GCG termasuk kualitas sumber daya manusia. Seluruh insan Bank Sumut telah menandatangani pakta integritas bersama KPK untuk komitmen anti gratifikasi dan korupsi. Selain itu Bank Sumut juga terus menyempurnakan SOP dan peraturan sebagai acuan dalam operasional perusahaan.

Corporate Secretary Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar menyebutkan, kinerja dan operasional Bank Sumut dipastikan tetap berjalan normal meski hingga saat ini posisi direktur utama belum terisi.

Bank Sumut akan segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar biasa untuk mengisi posisi direktur utama. Saat ini, calon direktur utama yang diajukan pemegang saham telah mengikuti klarifikasi calon direktur utama oleh OJK dan hasilnya akan segera disampaikan kepada pemegang saham.

Selanjutnya: Bank Sumut catatkan penyaluran kredit modal kerja capai Rp 6,3 triliun hingga Juni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×