kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bankir: Peluang Agus Marto jadi Gubernur BI besar


Senin, 25 Februari 2013 / 09:24 WIB
Bankir: Peluang Agus Marto jadi Gubernur BI besar
ILUSTRASI. Harga mobil bekas Nissan X-Trail per Oktober 2021 murah banget, di bawah Rp 100 juta


Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Ketua Ikatan Bankir Indonesia (IBI) Zulkifli Zaini menilai, peluang Agus Martowardojo menjadi Gubenur Bank Indonesia (BI) sangat besar. Hal Ini berdasarkan pada pengalaman Agus di sektor keuangan.

"Kami tentu bangga bila pak Agus dicalonkan menjadi Gubernur BI. Beliau sangat memahami dan memiliki pengalaman panjang di sektor keuangan," kata Zulkifli kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (25/2).

Zulkifli mengatakan, dengan pencalonan Agus Marto menunjukkan bahwa Presiden percaya Agus memiliki kredibilitas tinggi bukan hanya di dalam negeri, namun juga dengan otoritas moneter di luar negeri.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri ini, dengan kredibilitas tersebut, maka keinginan-keinginan perbankan di dalam negeri bisa tersalurkan melalui Gubernur BI, termasuk mengenai pendirian kantor cabang di luar negeri. Bank Mandiri berharap azas resiprokal dengan negara lain berlaku.

Sampai saat ini, upaya bank beraset terbesar di Indonesia ini terganjal oleh aturan bank sentral di negeri tetangga, sehingga upaya tersebut selalu gagal. Padahal bank asing dengan mudahnya membuka kantor cabang di dalam negeri. Visi misi inilah yang akan dibawa dan diharapkan Zulkifli kepada calon Gubernur BI nanti.

"Kendati demikian, kami menyerahkan sepenuhnya keputusan akhir ke DPR terkait pemilihan ini," tambahnya.

Sekadar catatan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hanya mengusulkan calon tunggal Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur BI periode 2013-2018. Esok, rapat sidang paripurna akan mengumumkan soal pencalonan Agus ini di DPR. (Didik Purwanto/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×