kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Belajar Seni Mengelola Keuangan Asal Jepang


Selasa, 13 Juli 2021 / 12:00 WIB
Belajar Seni Mengelola Keuangan Asal Jepang


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Selain dikenal sebagai negara maju, masyarakat Jepang juga berhasil menyeimbangkan hal tersebut dengan mempertahankan tradisi, budaya, dan pendekatan filosofis pada berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah seni mengatur keuangan.

Salah satu cara mengelola keuangan yang Anda bisa coba adalah metode Kakeibo, yang banyak diterapkan oleh para ibu rumah tangga di Jepang. Kakeibo bisa diartikan sebagai buku rekening untuk ekonomi rumah tangga.

Metode ini pertama kali diperkenalkan pada 1904 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani dan dipopulerkan kembali pada 2017 oleh Fumiko Chiba melalui buku "Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money".

Baca Juga: Ingin Sukses? Investor Wajib Miliki Karakter Ini

Sebelum belajar cara menghemat uang dengan metode kakeibo, Anda perlu memahami dulu empat pertanyaan penting yang selalu dijadikan prinsip dasar.

Empat pertanyaan dasar tersebut antara lain: Berapa jumlah uang yang dimiliki? Berapa jumlah uang yang akan dibelanjakan? Berapa jumlah uang yang sebenarnya dibelanjakan? Bagaimana cara memperbaiki kondisi keuangan? Setelah memahami keempat pertanyaan dasar tersebut, Anda bisa melanjutkannya dengan memelajari prinsip utama metode kakeibo.

Tahapan pertama metode Kakeibo dimulai dengan membuat catatan sejak awal bulan. Anda perlu mengetahui jumlah pemasukan dan prediksi pengeluaran yang diperlukan, sebagai awal mula catatan keuangan bulanan.

Setelah mencatat seluruh pengeluaran bulanan, kemudian Anda bisa menentukan nominal yang hendak ditabung dari sisa pemasukan.

Seperti sudah dijelaskan di awal, cara menghemat uang ala kakeibo ini sangat bergantung pada pembukuan, termasuk pembukuan pengeluaran harian. Ada empat kategori penting dalam pembagian pengeluaran ala teknik kakeibo, yaitu: Survival, Optional, Culture dan Extra.

Survival adalah kebutuhan pokok seperti makanan, biaya transportasi, dan biaya tempat tinggal. Optional, yaitu kebutuhan sekunder, seperti hiburan dan jalan-jalan. Culture, yaitu tambahan wawasan seperti buku, film, majalah, dan lainnya. Extra, yakni pengeluaran lainnya, seperti kado, perbaikan rumah, biaya servis kendaraan, dan lainnya.

Selanjutnya adalah tahap evaluasi. Proses evaluasi dilakukan mulai dari harian, mingguan, bulanan, bahkan hingga tahunan. Pengeluaran-pengeluaran yang telah direkam dalam buku catatan, selanjutnya dijadikan bahan evaluasi untuk waktu berikutnya.

Guna memaksimalkan dana tabungan yang Anda miliki, banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih misalnya deposito. Salah satu bank yang menawarkan program deposito dengan bunga menarik adalah deposito J Trust Bank.

Selama bulan ini, PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) menyelenggarakan program referral “Win-Win-Win”, yang juga merupakan bagian dari program penempatan deposito "Tetap Semangat Melawan Corona”. Melalui program referral Win-Win-Win”, J Trust Bank mendonasikan sebesar suku bunga tahunan 0,1% dari total dana deposito yang terhimpun dari masyarakat. Program yang telah berhasil pada tahun lalu tersebut dilanjutkan kembali pada 1 Juli 2021 hingga 31 Juli 2021.

Lewat program ini, J Trust Bank memberikan peluang bagi nasabah untuk memperoleh tiga keuntungan sekaligus. Pertama, bunga deposito tinggi. Kedua, reward bagi referentor (pengenal) yang mereferensikan calon nasabah untuk membuka rekening produk deposito J Trust. Ketiga, cashback untuk nasabah yang membuka rekening deposito berdasarkan referensi referentor.

Adapun, salah satu syarat mengikuti program referral “Win-Win-Win” adalah nasabah eksisting maupun nasabah baru J Trust Bank. Jumlah deposito yang disetor minimum Rp10 juta (berlaku kelipatan) dan maksimum Rp1 triliun, dan tidak harus 1 bilyet/advice per nasabah/per CIF.

Jangka waktu deposito yang tersedia, yaitu 3 bulan dan 6 bulan. Suku bunga deposito yang didapat mencapai 5% per tahun (per annum/p.a). Setelah penempatan baru rekening deposito tersebut, deposan akan memperoleh cashback senilai 0,25% p.a dari nominal. Jika terdapat referentor yang mereferensikan deposan membuka rekening di J Trust Bank, referentor akan mendapatkan cashback senilai 0,25% p.a dari nominal.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silakan kunjungi www.jtrustbank.co.id atau dapat menghubungi J Trust Call 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×