kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belum punya PIN kartu kredit BNI? Begini cara aktivasinya


Senin, 22 Juni 2020 / 17:47 WIB
Belum punya PIN kartu kredit BNI? Begini cara aktivasinya


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tenggat waktu bagi perbankan untuk mengedukasi nasabah terkait aturan transaksi kartu kredit dengan menggunakan kode Personal Identification Number (PIN) tinggal beberapa hari lagi. Terhitung mulai 1 Juli, transaksi kartu kredit sudah tidak bisa lagi menggunakan tanda tangan. Semua wajib memakai PIN.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) telah siap mengimplementasikan aturan itu. Edukasi dan komunikasi sudah dilakukan kepada pemegang kartu sejak tahun 2014 dan semakin diintensifkan setahun belakangan. Hingga saat ini, nasabah kartu kredit BNI teregistrasi yang telah memiliki PIN mencapai sekitar 90%.

Baca Juga: Sempat sepi, bankir ramal transaksi berbasis kartu bakal segera ramai lagi

"BNI telah melakukan komunikasi dan edukasi ke pemegang kartu dan pihak merchant kalau mulai 1 Juli semua transaksi di EDC memakai kartu kredit wajib pakai PIN. Kesiapan dari sisi sistem BNI juga memberi kemudahan melakukan aktivasi PIN," jelas Pemimpin Divisi Bisnis Kartu BNI Okki Rushartomo kepada Kontan.co.id, Jumat (19/6).

Edukasi lebih intensif dilakukan BNI dalam enam bulan terakhir melalui LED, media sosial, Website, info billing tagihan, email blast, SMS blast, dan WA blast. 

Okki bilang, aktivasi PIN kartu kredit sangat mudah dilakukan tanpa harus ke ATM atau kantor cabang BNI. Ada dua cara gampang yang bisa dilakukan.

Pertama, anda tinggal mengirimkan SMS ke no 3346 dengan format RPIN(spasi)16 digit no kartu kredit(spasi)tanggal lahir pemegang kartu utama(ddmmyyyy) atau pemegang kartu. Kalau tidak mau repot mengetik, nasabah bisa melakukan cara kedua dengan menghubungi BNI Call 1500046

Kalau sampai tanggal 1 Juli belum mengaktifkan PIN, tidak usah khawatir. PIN tetap bisa diaktivasi setelahnya lewat dua cara di atas. Hanya saja, sebelum PIN maka semua transaksi tidak akan berhasil.

Baca Juga: Aktivasi nomor pin kartu kredit BCA lewat website BCA mudah dan cepat, begini caranya

Sejak pandemi Covid-19, transaksi kartu kredit BNI pada Maret-Mei 2020 turun 8% year on year (yoy). Padahal dua bulan pertama tahun ini masih meningkat 5% yoy. 

Meski begitu, Okki bilang, penurunan itu masih lebih rendah dari rata-rata industri karena perseroan masih terbantu dari pertumbuhan frekuensi transaksi di merchant e-commerce sebesar 10% dari Januari hingga April 2020.

"Dari sisi jumlah transaksi masih bisa tumbuh menutup jumlah transaksi yg turun di kategori travel dan overseas. Namun dari rata-rata spending per transaksi mengalami penurunan karena pola transaksi yang shifting ke daily needs," kata Okki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×