kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI: Transaksi QRIS Orang Indonesia di Thailand Tembus Rp 8,54 Miliar hingga Saat Ini


Kamis, 16 Februari 2023 / 17:45 WIB
BI: Transaksi QRIS Orang Indonesia di Thailand Tembus Rp 8,54 Miliar hingga Saat Ini
ILUSTRASI. Layar menampilkan logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Kamis (17/6/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mendukung pemulihan ekonomi, Bank Indonesia (BI) akan memperkuat kebijakan digitalisasi sistem pembayaran salah satunya melalui perluasan QRIS. Oleh sebab itu, bank sentral akan peningkatan transaksi pembayaran cross-border melalui kerja sama QRIS dan interkoneksi sistem pembayaran antarnegara.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono mengungkapkan transaksi QRIS antar negara khususnya dengan Thailand baru diimplementasikan pada akhir Agustus 2022. Sehingga transaksi dalam empat bulan terakhir, BI melihat penggunaan QRIS antar negara paling banyak digunakan oleh para wisatawan. 

Sehingga, jumlah transaksi pembayaran melalui layanan QRIS antar negara ini akan tergantung juga dengan jumlah wisatawan yang masuk dan keluar antar kedua negara. Faktanya, Doni menyatakan orang Thailand yang masuk ke Indonesia lebih sedikit dibandingkan orang Indonesia yang melancong ke negeri gajah putih itu. 

“Kalau data yang ada di saya itu sekitar 6.258 wisatawan yang masuk ke Indonesia. Tapi sebaliknya banyak orang Indonesia ke Thailand sudah 51.000 lebih, tentunya ini sangat berkaitan dengan transaksinya,” kata Doni secara virtual pada Kamis (16/2).

Baca Juga: Sejumlah Bank Optimistis ​Kredit Kendaraan Bermotor Tumbuh Signifikan pada 2023

Dari sini, BI membukukan transaksi QRIS orang Indonesia di Thailand sudah mencapai 14.555 kali transaksi setara dengan Rp 8,54 miliar. Sedangkan transaksi orang Thailand di Indonesia hanya 492 kali transaksi atau Rp 114 juta. 

Agar meningkatkan transaksi ini, bank sental akan mendorong agar transaksi wisatawan Thailand bisa meningkat. Ia berharap pencabutan PPKM bisa mendorong pergerakan masyarakat dan transaksi. 

Salah satu jurus yang akan ditempuh BI dengan  memperluas Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) QRIS dari  Thailand. Ia menyebut PJP asal Thailand masih sedikit dengan menambah PJP, Doni yakin bisa memperluas transaksi QRIS antar negara.

Asal tahu saja,  saat ini Indonesia sudah bekerja sama dengan beberapa negara untuk kerja sama QRIS antarnegara, seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, dan teranyar Jepang. Kerja sama ini memudahkan para pelancong Indonesia untuk melakukan transaksi pembayaran cukup dengan menggunakan QRIS saat berbelanja di negara-negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×