kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI akan Tranformasikan 210 Kantor Jadi Lebih Digital Tahun 2023


Kamis, 22 Desember 2022 / 09:59 WIB
BNI akan Tranformasikan 210 Kantor Jadi Lebih Digital Tahun 2023
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di salah satu kantor cabang Bank BUMN di Jakarta,


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) terus melakukan penataan jaringan kantor di tengah perkembangan digitalisasi. Selain memangkas jumlah kantor, bank pelat merah ini terus melakukan transformasi pada kantor cabang yang sudah ada.

Direktur Jaringan dan Layanan BNI Ronny Venir mengatakan, perseroan menargetkan seluruh jaringan outlet atau kantor didigitalkan ke depannya.

Untuk mencapai target itu, BNI perlu strategi yang matang dan dieksekusi secara bertahap mengingat berbagai tantangan yang ada, mulai dari literasi keuangan masyarakat yang masih rendah hingga literasi digital masyarakat yang perlu ditingkatkan.

"Untuk menjawab tantangan itu, BNI tetap mempertahankan jaringan kantor dalam melayani kebutuhan serta menjaga dan meningkatkan kepercayaan Nasabah. Interaksi tatap muka masih di-perlukan untuk produk yang komprehensif, selain itu relasi dengan Nasabah menjadi kunci penting dalam memberikan customer experience untuk mendorong migrasi transaksi Nasabah ke arah digital," kata Ronny pada Kontan.co.id, Rabu (21/12).

Baca Juga: BNI Kembangkan KUR Klaster Kopi Go Global

Tahun 2023, BNI menargetkan melakukan transformasi pada 210 jaringan outlet. Perseroan akan menghadirkan customer experience yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan layanan transaksi nasabah.

Ronny bilang, target jangka menengah transformasi jaringan kantor telah disiapkan dan skenario konservatif dan agresif juga dipertimbangkan. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan transaksi dari yang sebelumnya masih didominasi pendapatan transaksi di Outlet menjadi berasal dari Channel Digital BNI.

Per November 2022, jaringan kantor BNI mencapai 2.047 outlet. Ini terdiri dari 17 Kantor Wilayah, 195 Kantor Cabang, 1.094 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 522 KK dan 66 payment point.

Sisanya sebanyak 71 outlet merupakan kantor fungsional yang terdiri dari 62 Sentra Bisnis dan 9 Outlet money changer serta didukung dengan 16.125 ATM/CRM dan 226 BNI DigiCS.

Jika dibandingkan dengan akhir tahun lalu, jumlah kantor ini sudah berkurang banyak. Berdasarkan materi presentasi kinerja BNI 2021, total outlet BNI masih berjumlah 2.250 unit.

Ronny menambahkan, BNI melakukan perubahan pada forma layout outlet dan layanan berbasis digital dengan empat format sejalan dengan perubahan behavior masyarakat.

Pertama, Super Flagship. Ini merupakan Supermarket Finansial untuk seluruh segmen yang memberikan produk dan layanan yang lengkap termasuk  dari perusahaan anak.

Kedua, Business Flagship. Ini Pusat Layanan Terpadu untuk Komunitas Bisnis dengan memberikan fasilitas produk dan layanan yang memenuhi semua kebutuhan transaksi bisnis khususya di area tersebut.

Ketiga, Thematic. BNI memberikan pengalaman yang mendalam sesuai dengan tema lokasi dan target persona, misal F&B corner dan fasilitas lainnya yang disesuikan dengan tema outlet seperti tourism corner dan education corner.

Baca Juga: BNI Siapkan Dana Tunai Naik 3,2% untuk Natal dan Tahun Baru 2023

Keempat, Digital First atau pusat layanan digital. Ini khusus untuk fast moving customer yang dilayani serba digital.

Secara bertahap, format layout channel atau outlet dan layanan berbasis digital tersebut akan diimplementasikan terhadap beberapa Outlet sesuai tipe area lokasinya. Kemudian untuk Outlet - Outlet yang tidak termasuk kategori keempat tadi bakal dinamakan Outlet Smart Konvensional yang dilengkapi mesin – mesin digital.

Beberapa journey diberikan BNI ke Nasabah dalam memberikan pengalaman nasabah seperti pada Kantor Cabang Pembantu (KCP) Crea di Nusa Dua - Bali yang baru diresmikan November lalu.

Outlet ini merupakan salah satu contoh Digital Channel BNI dengan format thematic berbasis digital yang terbagi atas beberapa zona seperti Welcoming Zone, Discovery Zone, Waiting Hub, dan Transaction Zone.

Melalui experience beberapa zona ini, petugas BNI sekaligus mengedukasi Nasabah untuk menggunakan fasilitas digital BNI lainnya seperti BNI Mobile Banking, BNI Direct maupun channel lainnya dengan berbagai keunggulan untuk bertransaksi seperti tampilan yang user friendly, fitur yang lengkap serta aman untuk digunakan.

BNI juga memiliki program Xpora yang bertujuan memberikan edukasi kepada UMKM sehingga mampu bersaing dan berkembang untuk Go Global dengan skema business matching kepada buyer di luar negeri yang di fasilitasi 8 Channel / Outlet Kantor BNI di Luar Negeri.

Baca Juga: Begini Jurus BNI Genjot Kinerja di Tahun 2023

"Berbagai mesin-mesin digital BNI telah dilengkapi pada Outlet ini seperti SPRINT (Self Service Passbook Printer), CRM (Cash Recycle Machine), DigiCS dan tak ketinggalan layanan informasi program/produk melalui media Virtual Reality (VR) juga tersedia di Outlet ini," pungkas Ronny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×