kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI Syariah siapkan mobile banking untuk pelunasan BPIH


Selasa, 26 Maret 2019 / 20:13 WIB
BNI Syariah siapkan mobile banking untuk pelunasan BPIH


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking setelah Kementerian Agama mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji melalui non teller. 

Opsi pelunasan haji melalui non teller sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 117 2019 yang ditetapkan pada 18 Maret 2018 lalu.

Dalam Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah disebut bahwa pelunasan BPIH reguler dibagi dalam dua tahap. Pelunasan tahap pertama mulai 19 Maret sampai dengan 15 April 2019. Sedangkan pelunasan tahap kedua berlangsung antara 30 April hingga 10 Mei 2019.

Dhias Widhiyati, Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah mengakui saat ini masih belum banyak yang melakukan pelunasan menggunakan non teller atau mobile banking. “Berdasarkan data sampai saat ini, total jamaah yang melakukan pelunasan haji baik teller maupun non teller totalnya 13.046 jamaah,” kata Dhias dalam keterangan pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (26/3).

Dengan fitur pelunasan BPIH di BNI mobile banking, diharapkan makin banyak jamaah yang akan melunasi melalui non teller. Diproyeksi sampai akhir periode pelunasan haji kedua atau pada akhir Mei 2019 sebanyak 10% dari jamaah akan menggunakan pilihan channel mobile banking.

“Nasabah dapat menggunakan layanan BNI mobile banking untuk melakukan pelunasan BPIH, cukup dengan memilih menu Pelunasan Haji Reguler,” kata Dhias, Senin (25/3). 

Dengan opsi pelunasan haji melalui mobile banking, Dhias berharap dapat memberikan kemudahan dan alternatif pelunasan BPIH dan mengurangi antrean di teller.

BNI Syariah telah ditunjuk menjadi salah satu bank penerima setoran (BPS) BPIH sejak 2010 lalu. Ada sekitar 29.000 calon jamaah haji baik haji reguler maupun haji khusus yang melakukan pelunasan pada tahun ini.

Jika jamaah ingin melakukan pelunasan haji dengan menggunakan mobile banking BNI, ada beberapa tahap yang bisa dilakukan.

Pertama masuk ke menu produk jasa lain di mobile banking, lalu pilih menu pelunasan haji reguler. Kemudian pilih rekening yang akan didebet dan masukkan nomor porsi dan cek kesesuaian data dan password. 

Langkah terakhir adalah dengan mengunduh struk di menu bukti transfer. Setelah melakukan pelunasan melalui BNI Mobile Banking, nasabah dapat langsung melaporkan kepada Kementerian Agama setempat dengan membawa bukti pelunasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×