kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Apresiasi Desa-Desa Terbaik Indonesia di Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023


Selasa, 16 Januari 2024 / 16:30 WIB
BRI Apresiasi Desa-Desa Terbaik Indonesia di Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Ajang Desa BRILiaN 2023 yang diselenggarakan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI mencapai puncaknya melalui acara “Nugraha Karya Desa BRILiaN” pada 10 Januari 2024. Acara penghargaan tersebut memberikan apresiasi kepada desa-desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan.

Nugraha Karya Desa BRILiaN merupakan acara tahunan sebagai penutup rangkaian program Desa BRILiaN. Pihak BRI memberikan penilaian kepada desa partisipan berdasarkan empat aspek. Pertama, BUMDesa sebagai motor ekonomi desa. Kedua, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa. Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agen pembangunan dalam mengembangkan desa. Hingga akhir tahun 2023 tercatat terdapat 3.178 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

Baca Juga: Main Game Makin Murah dengan Promo Voucher dan Cashback Pembelian Pulsa dari BRI

”Program ini diawali sejak tahun 2020 yang tidak lepas dari strategi perseroan untuk lebih dalam mengenal potensi wilayah dan merupakan salah satu bagian dari integrasi aktivitas pemberdayaan dan eksistensi mantri BRI bersama inisiatif-inistiatif lainnya yakni Klaster usaha binaan BRI, pasar.id, serta Hyperlocal Ecosystem yang merupakan suatu bentuk Ekosistem Konsolidasi Mikro,” imbuh Sunarso saat menyampaikan sambutan di Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 di Menara BRILiaN, Jakarta (10/1).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang turut hadir mengapresiasi BRI yang telah berkomitmen memberikan pemberdayaan kepada desa di seluruh Indonesia secara berkesinambungan, salah satunya melalui program Desa BRILiaN.

”Program ini menjadi suatu terobosan mendorong desa di seluruh Indonesia untuk mampu mengembangkan potensi desa, meningkatkan kapabilitas baik berupa peningkatan softskill dan hardskill melalui aktivitas pemberdayaan yang berkesinambungan  yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di desa,” ujar Teten.

Sementara itu, Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan Kementerian BUMN terus mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemberdayaan segmen UMKM yang notabene memiliki kontribusi terhadap PDB sebesar 60,5% serta penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

“Untuk mencapai hal tersebut, UMKM perlu dibekali dengan literasi bisnis, sehingga dapat mengoptimalkan setiap peluang yang ada; dibekali dengan literasi digital, sehingga proses bisnis dapat disesuaikan dengan berkembangnya teknologi saat ini, serta didorong untuk melakukan inovasi sehingga dapat terus menciptakan nilai tambah dapat bertahan di tengah persaingan bisnis,” urai Kartika.

Juara Nasional Desa BRILiaN akan mendapatkan bantuan sarana prasarana pengembangan desa dari BRI. Rinciannya, Juara 1 mendapatkan hadiah senilai Rp1 miliar, Juara 2 Rp750 juta, dan Juara 3 Rp500 juta. Adapun juara harapan 1 dan 2 masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp300 juta.

Adapun untuk kategori Desa Hijau, Desa Tata Kelola Terbaik, Pengembangan Wirausaha Terbaik, serta Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik masing-masing sebesar Rp200 juta.

BRI juga memberikan penghargaan khusus untuk Desa Potensial wilayah barat, tengah, dan timur. Masing-masing desa akan mendapatkan apresiasi senilai Rp100 juta. Dalam rangkaian Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023, BRI juga menghadirkan kegiatan bertajuk Bincang Desa BRILiaN.

Baca Juga: Main Game Makin Murah dengan Promo Voucher dan Cashback Pembelian Pulsa dari BRI

Berikut daftar lengkap pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023:

Kategori Utama

Juara I : Desa Bansari, Temanggung, Jawa Tengah

Juara II : Desa Cikaso, Kuningan, Jawa Barat

Juara III : Desa Lerep, Semarang, Jawa Tengah

Juara Harapan I : Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Juara Harapan II : Desa Padang Panjang, Tabalong, Kalimantan Selatan

Penghargaan Khusus Bidang SDG

Desa Hijau : Desa Kelawi, Lampung Selatan, Bandar Lampung

Tata Kelola Terbaik : Desa Angseri, Tabanan, Bali

Pengembangan Wirausaha Terbaik : Desa Sukomulyo, Gresik, Jawa Timur

Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik : Desa Ibru, Muaro Jambi, Jambi

Penghargaan Khusus Desa Potensial

Desa Potensial Wilayah Barat : Desa Air Lengit,  Natuna, Kepulauan Riau

Desa Potensial Wilayah Tengah : Desa Wawowae, Ngada, Nusa Tenggara Timur

Desa Potensial Wilayah Timur : Desa Puubunga, Kolaka, Sulawesi Tenggara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×