Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) telah menyiapkan langkah untuk memberikan layanan perbankan yang prima bagi masyarakat jelang lebaran di tengah pandemi Covid-19. Bank pelat merah ini telah menyiapkan uang tunai Rp 37,2 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan lebaran 2020.
Direktur Jaringan dan Layanan BRI A.Solichin Lutfiyanto menjelaskan, uang tunai yang disiapkan oleh BRI tahun ini lebih kecil dibanding dengan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 48,2 Triliun.
“Setiap tahun memang tren kebutuhan uang kas menjelang lebaran semakin menurun karena masyarakat sudah mulai beralih ke transaksi digital, untuk tahun ini faktor lain yang mempengaruhi penurunan tersebut adanya pandemi yang terjadi,” kata Solichin dalam keterangan resminya, Senin (4/5).
Baca Juga: Gagal login BRI internet banking? Segera lakukan hal berikut ini
Selain mempersiapkan uang tunai, BRI juga memastikan kesiapan jaringan kantor dan e-channel. Sebanyak 36 Kantor BRI di seluruh Indonesia telah disiagakan untuk memberikan layanan terbatas bagi masyarakat serta penebusan setoran BBM / non BBM dari Pertamina dan Bulog.
Lalu, 17 Kantor BRI melayani pick up services ASDP dan 62 Kantor BRI melayani pick up services Garuda Indonesia.
Khusus untuk e-channel, BRI telah menyiapkan 18.667 mesin ATM dan 3.809 mesin CRM yang tersebar di seluruh Indonesia. “BRI telah menyiapkan task force khusus yang nantinya akan melakukan patroli dan pengecekan secara berkala terhadap mesin mesin tersebut, sehingga nantinya apabila terjadi suatu kendala bisa segera diatasi secara cepat,” tutur Solichin.
Sebagai alternatif bertransaksi perbankan, lanjutnya, masyarakat juga dapat memanfaatkan Agen BRILink yang tersebar diseluruh Indonesia hingga pelosok.
Saat ini BRI memiliki lebih dari 428 ribu agen yang melayani transaksi perbankan seperti setor dan tarik tunai, transfer antar bank, pembayaran, isi ulang pulsa, belanja merchant, informasi rekening serta penjualan Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM).
Baca Juga: Call BRI bisa diakses lewat WhatsApp, begini caranya
Para agen tersebut beroperasi melayani transaksi keuangan masyarakat selama 7 hari dalam seminggu dan tidak sedikit yang beroperasi penuh selama 24 jam dalam sehari.
Solichin juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk bertransaksi digital menggunakan BRImo (Mobile Banking BRI) dan Internet Banking BRI sebagai bentuk dukungan terhadap PSBB dan imbauan physical distancing dari pemerintah.
Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai promo menarik selama periode Ramadan dan Lebaran bagi masyarakat untuk bertransaksi melalui BRImo dan Internet Banking BRI dengan harapan masyarakat semakin nyaman, aman dan mudah bertransaksi perbankan BRI dari rumah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News