Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Bank Tabungan Negara (BBTN) terus mendorong upaya pengembangan layanan bank tanpa kantor (branchless banking). Salah satunya dengam menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk memberikan layanan jasa perbankan melalui agen atau outlet penjualan pulsa.
Menurut Maryono, Direktur Utama BTN, kerjasama sama ini memiliki potensi lahirnya fitur layanan Branchless Banking sebagai inovasi produk BTN. Dalam Nota Kesepakatan BTN dan Telkom yang ditanda tangani hari ini, keduanya sepakat untuk menyediakan layanan agent banking dengan outlet Telesindo, Cash Management dengan Virtual Account dan Electronic Data Captured (EDC). "Sehingga kita bisa memberikan layanan finansial dengan biaya efektif dan efisien," kata Maryono di Jakarta, Kamis (2/10).
Maryono mengakui jumlah rekening bank saat ini lebih kecil dibandingkan dengan jumlah SIM Card yang beredar di Indonesia. Menurut data Perbanas, hingga tahun 2013, jumlah pemilik rekening hanya sekitar 60 juta. "Sementara penetrasi SIM Card di Indonesia sudah mencapai 128% dari total penduduk Indonesia," ujar Maryono.
Kondisi inilah yang mendorong BTN untuk memerikan fasilitas layanan perbankan kepada para penjual pulsa Telkom. "Kerjasama ini juga untuk mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)," pungkas Maryono.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News