Reporter: Issa Almawadi | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Bank Tabungan Negara (BTN) tidak main-main dalam keikutsertaannya dalam program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai). Dengan menggandeng PT Pos Indonesia dan PT Telkom Indonesia, BTN bakal mengincar 30 ribu agen.
Tahap awal, Maryono, Direktur Utama BTN menerangkan, menggandeng PT Pos dan meluncurkan produk Tabungan Cermat dan memberikan layanan produk tersebut di 544 Kantor Pos Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yang seluruhnya sudah memiliki mesin EDC.
"Pada akhir 2015 diharapkan Tabungan BTN Cermat Laku Pandai dapat dilayani di 1.044 Kantor Pos. Kemudian pada 2016, sebanyak 1.878 Kantor Pos direncanakan dapat memberikan layanan tabungan tersebut," terang Maryono dalam keterangan resmi, Senin (25/5).
Bahkan, lanjut Maryono, untuk lebih meningkatkan penetrasi kepada nasabah di wilayah pelosok, saat ini BTN tengah mengkaji kerjasama dengan tujuh agen utama PT Pos yang memiliki jaringan 29 ribu Agen Pospay di seluruh Indonesia. Targetnya, pada akhir tahun ini, Tabungan BTN Cermat dapat dilayani di 15 ribu agen Pospay se-Indonesia.
Selain menggandeng PT Pos Indonesia, dukungan BTN terhadap pelaksanaan program inklusi keuangan diwujudkan melalui kerjasama dengan PT Telkom Indonesia. "Dalam waktu dekat, BTN akan meluncurkan produk Tabungan BTN Cermat LAKU PANDAI berbasis telepon seluler menggunakan sistem USSD (Unstructured Supplementary Service Data). Rencananya, produk tabungan berbasis ponsel ini dapat dilayani oleh 15 ribu agen pada akhir 2015," imbuh Maryono.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News