kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BTN Memulai Transformasi Human Capital Berbasis Cloud


Minggu, 07 April 2024 / 22:39 WIB
BTN Memulai Transformasi Human Capital Berbasis Cloud
ILUSTRASI. Kinerja BTN: Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu (Tiga kiri) bersama Wakil Direktur Utama Oni Febriarto (Tiga kanan), Direktur Consumer Hirwandi Gafar (kiri) Direktur Finance Nofry Rony Poetra (dua kiri), Direktur Risk Management Setiyo Wibowo (dua kanan) dan Direktur Distribution and Funding Jasmin saat konferensi pers paparan kinerja keuangan BTN Tahun 2023 di Jakarta, Senin (12/02/2024).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) melakukan transformasi human capital melalui penerapan teknologi Human Capital berbasis cloud. Langkah ini merupakan bentuk komitmen perseroan untuk menjadi "One of Home of Indonesia's Best Talent”.

Bank pelat merah ini menyadari pentingnya investasi dalam pengembangan sumber daya manusia untuk mempertahankan posisinya sebagai salah satu institusi keuangan terkemuka di Indonesia. Untuk itu, BTN baru saja meluncurkan sistem BTN Best untuk pengelolaan human capital yang lebih progresif dan terintegrasi. 
 
Direktur Human Capital, Compliance & Legal BTN, Eko Waluyo mengatakan, misa BTN untuk menjadi One of Home of Indonesia’s Best Talent bukan hanya sekadar ambisi, tetapi juga merupakan manifestasi dari komitmen perusahaanuntuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Baca Juga: BTN Tambah Stok Uang Tunai 30% di Momen Ramadan dan Libur Lebaran 2024

“ Dengan memahami bahwa keunggulan kompetitif tidak hanya bergantung pada faktor finansial semata, BTN melihat perlunya transformasi dalam manajemen sumber daya manusia sebagai kunci kesuksesan,” ujar Eko dalam keterangan resminya, Minggu (7/4).

Untuk mewujudkan visinya menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia tahun 2025, kata Eko, BTN menilai bahwa ada beberapa prioritas yang harus direalisasi dalam pengembangan human capital.

Prioritas pertama adalah mengembangkan konsep bahwa BTN adalah tempat yang nyaman bagi para talenta terbaik. Kedua, pengembangan kapabilitas dan produktivitas. Terakhir, pengembangan Data Analytic dilingkup pengelolaan Human Capital sebagai Decision Support System.

Baca Juga: Bank Tabungan Negara (BBTN) Catat Pertumbuhan KPR Subsidi dan Non Subsudi 66%

Pada  3 Maret 2024 lalu, BTN telah meluncurkan BTN Best sebagai barometer pengembangan teknologi pengelolaan Human Capital yang lebih progresif dan terintegrasi pada seluruh Human Capital Cycle, mulai dari recruitment hingga retirement . Itu juga sekaligus telah selaras dengan roadmap Human Capital BTN untuk memperkuat data analitis dilingkup pengelolaan  sumber daya manusia. 
 
Direktur IT BTN, Andi Nirwoto mengungkapkan, pihaknya mengimplementasikan Human Capital Information System  (HICS) yang terintegrasi untuk mendukung operasional excellence, pengambilan keputusan berbasis data, serta menyediakan seamless employee experience melalui Cloud HR Technology yang memberikan real time availability dan high performance.
 
Implementasi HCIS berbasis Cloud menjadi langkah strategis bagi BTN dalam mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia dengan memanfaatkan teknologi terbaru. “Dengan adopsi teknologi berbasis Cloud, BTN telah berhasil meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi sumber daya manusia serta mampu membuat keputusan berbasis data yang lebih baik,” tambah Andi.
 
Melalui tahapan implementasi yang terencana dengan matang, BTN telah memprioritaskan berbagai fitur penting dalam HCIS, mulai dari Core HR dan Payroll hingga Recruitment & Onboarding, Talent Management, Performance and Goals, serta People Analytics Dasar.

Langkah-langkah ini menegaskan komitmen BTN untuk merekrut, mengintegrasikan, mengembangkan, dan mempertahankan bakat terbaik melalui manajemen kinerja yang efektif.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×