Reporter: Aldehead Marinda | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) telah meningkatkan persediaan uang tunai sebesar 30% dari tahun sebelumnya untuk menyambut momen Ramadan dan libur Lebaran tahun ini.
Hal ini diungkapkan oleh Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business BTN, kepada Kontan pada tanggal 5 April.
Persiapan ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan nasabah selama Hari Raya Idul Fitri 1445H, dengan menyediakan uang tunai di Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, serta mesin ATM/CRM yang tersebar di seluruh Indonesia.
Thomas menjelaskan bahwa peningkatan likuiditas ini merupakan respons atas proyeksi peningkatan transaksi dan kebutuhan nasabah yang diperkirakan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.
Baca Juga: BTN Berangkatkan 2.000 Pemudik Lebaran 2024
Selain peningkatan uang tunai, BTN juga mengantisipasi pertumbuhan transaksi digital khususnya selama momen Lebaran.
Thomas mencatat bahwa kesadaran masyarakat terhadap layanan mobile banking meningkat, baik untuk transfer maupun metode pembayaran lainnya seperti QRIS. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mendorong proyeksi peningkatan transaksi digital BTN setiap tahunnya.
Menurut Thomas, proyeksi BTN menunjukkan peningkatan transaksi digital hingga 25% dibandingkan bulan biasa di luar Ramadan. Transaksi digital ini meliputi penggunaan BTN Mobile, ATM, EDC, serta QRIS merchant yang dikelola oleh BTN.
Meskipun demikian, Thomas menyatakan bahwa mayoritas nasabah masih menggunakan fitur unggulan seperti transfer, pembelian kebutuhan sehari-hari, pengisian e-wallet, hingga pembayaran melalui QRIS dan kartu debit di merchant seperti supermarket dan restoran.
Baca Juga: Naik 11%, Sarana Multigriya Finansial (SMF)Kantongi Laba Rp 466 miliar pada 2023
BTN optimisTIS dapat mencapai pertumbuhan transaksi digital hingga 65% hingga akhir tahun 2024.
Untuk mencapai target tersebut, BTN sedang menyusun road map yang mencakup peningkatan fitur transaksional, perluasan kerja sama dengan mitra strategis, program promosi dan pemasaran, serta memastikan pelayanan yang optimal bagi nasabah dan merchant BTN.
Thomas menegaskan bahwa BTN juga memiliki berbagai strategi bisnis lainnya untuk memenuhi kebutuhan layanan masyarakat secara menyeluruh.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News