kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Tabungan Negara (BBTN) Catat Pertumbuhan KPR Subsidi dan Non Subsudi 66%


Minggu, 31 Maret 2024 / 16:39 WIB
Bank Tabungan Negara (BBTN) Catat Pertumbuhan KPR Subsidi dan Non Subsudi 66%
ILUSTRASI. Suasana sebuah perumahan bersubsidi di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/1/2024). Per Februari 2024, KPR Subsidi dan KPR Non Subsidi Bank BTN mengalami pertumbuhan sebesar 66%.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi dan KPR non Subsidi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) mencatat pertumbuhan 66% per Februari 2024. 

Corporate Secretary Bank BTN, Ramon Armando menjelaskan, beberapa faktor pendorong pertumbuhan tersebut adalah jumlah populasi Indonesia yang didominasi oleh usia produktif dan bekerja, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap solid didukung oleh permintaan domestik maupun ekspor serta tumbuhnya realisasi investasi baik dari dalam maupun luar negeri.

Per Desember 2023, Bank BTN juga masih menguasai pangsa pasar KPR di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 38,40%. Ramon mengatakan, pada tahun 2023, lebih dari 55% realisasi KPR di Bank BTN berasal dari KPR Subsidi dan sisanya disumbang oleh KPR Non Subsidi.

Baca Juga: BTN Siapkan Rp 39,44 Triliun Uang Tunai Selama Momen Lebaran 2024

"Realisasi KPR di Bank BTN tersebut di dominasi oleh kalangan milenial dengan usia di bawah 40 tahun yaitu sebanyak lebih dari 86% debitur baru," kata Ramon kepada kontan.co.id, belum lama ini.

Ramon menjelaskan, KPR masih memiliki potensi pertumbuhan yang cukup besar di tahun 2024 ini, dibantu oleh kondisi demografi, ekonomi dan investasi yang mendukung permintaan KPR. Dimana, diperkirakan lebih dari 75% orang di Indonesia pada tahun 2023 masih mengandalkan KPR untuk pembiayaan rumahnya.

Melihat potensi pertumbuhan KPR yang cukup besar, Bank BTN pun menargetkan pertumbuhan posisi kredit KPR sebesar 10,58% dibandingnya posisi kredit KPR di tahun 2023.

Ramon memperkirakan, segmen KPR masih memiliki prospektif cukup baik dibandingkan dengan segmen lainnya. Hal tersebut didukung oleh data Kementerian PUPR yang menyebutkan bahwa angka backlog perumahan mencapai 12,7 juta rumah serta jumlah pasangan baru menikah yang terus bertambah setiap tahunnya.

Baca Juga: BTN Benarkan Soal Pemeriksaan Dugaan Korupsi Kredit ke Asisya Catur Persada

Selain itu, adanya berbagai dukungan kebijakan dari pemerintah turut mendorong pertumbuhan KPR. Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah di antaranya adalah kebijakan bebas PPN untuk pembelian rumah baru yang mampu mendorong pembelian rumah khususnya tipe besar. Hal menambah sentimen positif untuk sektor properti di Indonesia.

Dalam mendongkrak kredit KPR, BTN memiliki strategi penguatan market share kredit perumahan pada segmen mass dan peningkatan komposisi portofolio segmen emerging affluent melalui pembentukan Sales Center, optimalisasi kerja sama dengan mitra pengembang yang memiliki konsep TOD (Transit Oriented Development), kemudahan untuk mencari properti melalui website BTN Property dan penyediaan produk khusus kaum millenial yang menawarkan skema cicilan yang lebih ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×