kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.200   0,00   0,00%
  • IDX 7.066   -30,70   -0,43%
  • KOMPAS100 1.055   -6,75   -0,64%
  • LQ45 830   -5,26   -0,63%
  • ISSI 215   0,27   0,12%
  • IDX30 424   -2,36   -0,55%
  • IDXHIDIV20 513   -0,30   -0,06%
  • IDX80 120   -0,79   -0,65%
  • IDXV30 124   -1,30   -1,04%
  • IDXQ30 142   -0,32   -0,23%

CIMB Niaga layani cash management Pelindo III


Selasa, 19 Februari 2013 / 21:34 WIB
CIMB Niaga layani cash management Pelindo III
ILUSTRASI. Juru Bank BCA mempertahankan employee engagement saat pandemi


Reporter: Christine Novita Nababan |

BANJARMASIN. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) melakukan kerja sama dengan PT Pelindo III (Persero) untuk layanan cash management solutions, berupa kartu label mandiri (private) bertajuk Bizcard dan pembayaran pajak secara elektronik.

Layanan baru CIMB Niaga tersebut bakal mengurangi peredaran uang tunai, sehingga lebih aman dan nyaman bagi nasabah korporat. “Selain itu, fiturnya serupa dengan kartu ATM/debit, dan transaksinya pun online,” terang Robby Mondong, SVP Head of Sales & Distribution III Consumer Banking CIMB Niaga, Selasa (19/2).

Tidak hanya itu, layanan ini juga akan meningkatkan pelayanan Pelindo III kepada para pengguna jasa mereka dalam proses pengeluaran barang di pelabuhan. Termasuk juga untuk pembayaran pajak secara online yang terhubung langsung dengan kantor pajak, dan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Pajak.

Sebagai tahap awal, layanan ini baru berjalan di Pelindo III Cabang Banjarmasin – Kalimantan Selatan. Perseroan mengincar mencakup seluruh cabang Pelindo III yang tersebar di 7 provinsi yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Pelindo III tercatat sebagai nasabah korporat CIMB Niaga sejak dua tahun belakangan ini. Pelindo III merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab atas pengelolaan pelabuhan umum. Cabang Banjarmasin sendiri melayani antara lain, jasa kapal dan pandu tunda di lini komersial dan terminal peti kemas di lini multi purpose.

Sekadar informasi saja, dari sekitar 500 perusahaan pengguna jasa Pelindo III Cabang Banjarmasin, sebanyak 22 di antaranya telah memanfaatkan layanan Bizcard ini. Diharapkan seluruh mitra nantinya menggunakan fasilitas ini untuk kemudahan bertransaksi, baik yang dilakukan pada hari kerja maupun akhir pekan.

Toto Heliyanto, General Manager Pelindo III Cabang Banjarmasin mengklaim, transaksi atas jasanya itu bernilai antara Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar per hari atau berkisar Rp 35 miliar – Rp 40 miliar setiap bulannya. “Ini peluang yang bisa digarap CIMB Niaga melalui layanan Bizcard,” tutur dia.

CIMB Niaga, sambung Toto, tinggal bersaing dengan empat bank-bank lainnya yang juga mengelola cash management Pelindo III Cabang Banjarmasin. Dari sisi layanan, misalnya inovasi dan kecepatan. Saat ini, empat bank lain yang juga melayani cash management Pelindo III, antara lain Bank Bukopin, Bank Mandiri, dan BNI.

Untuk layanan E-Tax Payment sendiri, pajak yang disetor Pelindo III Cabang Banjarmasin per bulan mencapai Rp 1 miliar. Sampai 2012 lalu, Pelindo III Cabang Banjarmasin mengantongi pendapatan sebesar Rp 380 miliar atau tumbuh 30% ketimbang tahun sebelumnya. Perseroan menargetkan pendapatan Rp 400 miliar hingga akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×