kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Digitalisasi Transaksi Ekspor, Lewat Kemudahan Kopra by Mandiri


Jumat, 08 Juli 2022 / 11:51 WIB
Digitalisasi Transaksi Ekspor, Lewat Kemudahan Kopra by Mandiri
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ekspor mempunyai peranan yang cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi negara. Ekspor dapat memperluas pasar produk-produk dalam negeri sehingga selain bisa mendorong produksi nasional, ekspor juga berpotensi menciptakan lapangan kerja baru dan menyumbang devisa negara.

Wajar, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, secara kumulatif nilai ekspor Indonesia periode Januari—Mei 2022 mencapai US$114,97 miliar atau naik 36,34% dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Demikian juga ekspor nonmigas mencapai US$108,74 miliar atau naik 36,36%.

Bila dirinci berdasarkan sektornya, ekspor nonmigas hasil industri pengolahan Januari–Mei 2022 naik 25% dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Demikian juga ekspor hasil pertanian, kehutanan, dan perikanan naik 13,34%. Begitu pula ekspor hasil tambang dan lainnya naik 108,14%.

Seiring dengan potensi pasar ekspor yang meningkat, tantangan bagi perusahaan eksportir pun semakin besar. Di antaranya, perusahaan harus mengelola arus kas perusahaan dengan baik agar terhindar dari risiko kekurangan modal kerja. 

Di sisi lain, banyak UMKM yang berpotensi ekspor tetapi masih belum memiliki pengetahuan mengenai mekanisme dan pembiayaan ekspor. Hal ini ikut menyebabkan UMKM sulit menembus pasar global. 

Kemudahan pembiayaan ekspor

Pembiayaan ekspor sendiri secara garis besar dapat dibedakan menjadi pembiayaan sebelum pengapalan (pre-shipment financing) dan pembiayaan sesudah pengapalan (post-shipment financing).

Pada tahap pre-shipment, pembiayaan diberikan untuk kegiatan mulai dari membeli bahan baku, memproduksi, sampai mengapalkan barang. Sedangkan pada tahap post-shipment, pembiayaan diberikan setelah barang dikirim sampai pembayaran tagihan atas ekspor. Fokus pembiayaan post-shipment adalah untuk membantu eksportir memperoleh pembayaran lebih cepat dan tidak harus menunggu lama pembayaran dari importir. 

Dua tipe pembiayaan post-shipment yang paling umum digunakan adalah pengambilalihan wesel ekspor atas dasar Letter of Credit (L/C) dan forfaiting. Dalam pengambilalihan wesel ekspor atas dasar L/C, lembaga keuangan memberikan uang muka dengan hak tagih kepada eksportir atas presentasi wesel ekspor dari transaksi L/C. 

Sementara itu, forfaiting merupakan transaksi jual beli hak tagih antara lembaga keuangan dengan eksportir, berdasarkan dokumen perdagangan berjangka dengan harga diskonto tanpa hak regres. Yang dimaksud dengan dokumen perdagangan berjangka adalah dokumen berupa wesel perdagangan, baik dalam dan luar negeri, yang diterbitkan eksportir dengan jangka waktu tertentu dan telah diakseptasi bank penerbit L/C. 

Melalui pembiayaan post-shipment, lembaga keuangan mengambil alih risiko-risiko di negara tujuan ekspor seperti bank penerbit yang bermasalah dalam pembayaran, risiko stabilitas negara importir, dan risiko ketidaksesuaian dokumen. Karena itu, perusahaan eksportir bisa merasa aman dan dapat menjaga likuiditas sehingga kegiatan operasional perusahaan tetap berjalan lancar. 

Bank Mandiri pun hadir untuk menyelesaikan solusi yang dihadapi perusahaan eksportir dengan menghadirkan Layanan Ekspor Bank Mandiri. Layanan perbankan digital yang dapat diakses melalui fitur Mandiri Global Trade di aplikasi Kopra by Mandiri ini menyediakan berbagai solusi ekspor secara menyeluruh, mulai dari persiapan dokumen ekspor, presentasi dokumen, hingga pembiayaan pre-shipment dan post-shipment

Dengan memanfaatkan Layanan Ekspor Bank Mandiri, para pelaku industri dapat mengelola transaksi ekspor dan arus kas perusahaannya dengan lebih efisien.

Untuk mendapatkan Layanan Ekspor Bank Mandiri, nasabah Bank Mandiri dapat menghubungi Mandiri Call 14000,  Call Center Kopra 1500150 atau kopra@bankmandiri.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×