kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Digitalisasi Keuangan Daerah, BRI Kini Resmi Terkoneksi Dengan SIPD


Kamis, 23 Maret 2023 / 15:50 WIB
Dukung Digitalisasi Keuangan Daerah, BRI Kini Resmi Terkoneksi Dengan SIPD
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di galeri atm BRI di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (23/11/2022). Dukung Digitalisasi Keuangan Daerah, BRI Kini Resmi Terkoneksi Dengan SIPD.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Terus dukung dan dorong program digitalisasi keuangan pemerintah daerah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kini resmi terkoneksi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri.

Terkait dengan kerjasama tersebut, Direktur Institution & Wholesale Business BRI Agus Noorsanto mengatakan bahwa kerja sama ini menjadi bentuk kolaborasi untuk mendukung digitalisasi keuangan.

Hal ini diharapkan Agus, dapat memberikan kemudahan pengelolaan transaksi keuangan, khususnya bagi pemerintah daerah yang menggunakan SIPD untuk menjalankan transaksi belanja daerah.

Baca Juga: Soal Impor Ilegal Pakaian Bekas, Menteri Teten: Ancam UMKM dan Nasib 1 Juta Naker

“BRI mendukung penuh transformasi keuangan daerah, termasuk SIPD. Aplikasi ini merupakan terobosan Kemendagri untuk digitalisasi keuangan daerah,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (22/3).

Dengan terkoneksinya BRI dengan SIPD, maka pemerintah daerah yang RKUD-nya dikelola oleh BRI dapat diintegrasikan dengan SIPD. Adapun pemerintah daerah yang dapat diintegrasikan dengan SIPD adalah pemerintah daerah yang sudah menggunakan modul penatausahaan SIPD.

Ia optimistis, hal ini bermanfaat untuk pemerintah daerah karena dapat menikmati layanan digital dari BRI dan juga memenuhi regulasi Kemendagri. Di samping itu, untuk proses penggajian ASN, juga sudah dapat dilayani di SIPD.

SIPD sendiri merupakan aplikasi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk melakukan transaksi belanja daerah. Terkait hal ini, BRI bekerja sama untuk membantu dalam layanan perbankan.

Baca Juga: Impor Ilegal Pakaian Bekas Dinilai Ancam Industri UMKM

Sebagai informasi, berbagai layanan digital BRI yang dapat dimanfaatkan seperti CMS, Kartu Kredit Pemerintah Domestik, layanan BRImo & BRIguna digital, dan lain-lain. Ke depan, BRI akan terus meningkatkan kolaborasi dalam berbagai hal untuk kemajuan pemerintah daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×