kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Usaha Ultra Mikro, PNM ULaMM Bisa Diangsur Lewat ATM Hingga Kantor Pos


Jumat, 16 Februari 2024 / 16:53 WIB
Dukung Usaha Ultra Mikro, PNM ULaMM Bisa Diangsur Lewat ATM Hingga Kantor Pos
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Sentra Produksi Kerupuk Bogor: Warga menjemur kerupuk padang dan kerupuk mie di Kelurahan Karadenan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/02). Puluhan industri rumahan penghasil kerupuk mie dan kerupuk merah padang dengan produksi mencapai 1-1,5 ton per hari untuk dijual di kawasan Jabodetabek dan Banten dengan harga mulai dari Rp11 ribu hingga Rp15 ribu per Kilogram. KONTAN/Baihaki/17/02/2022


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro (UMi) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Pegadaian memiliki komitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui akses permodalan, pendampingan, serta peningkatan kapasitas para pelaku usaha.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi menjelaskan, salah satu layanan PNM adalah PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro).

PNM ULaMM merupakan layanan pembiayaan lanjutan atau naik kelas untuk pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil dengan karakteristik pembiayaan Rp10 juta sampai Rp50 juta, pertemuan kelompok bulanan, usaha produktif serta pembayaran angsuran bulanan.

Untuk digitalisasi Usaha ULaMM, PNM memiliki Marketline Pantas, yaitu aplikasi web base yang digunakan untuk melakukan aktivitas bisnis ULaMM.

Baca Juga: Gadai Tabungan Emas, Opsi Pembiayaan Usaha Ultra Mikro dari Pegadaian

"Lalu ada aplikasi yang digunakan untuk melakukan pertemuan kelompok bulanan dan pembayaran angsuran dapat dilakukan melalui minimarket, Bank BNI, ATM Bersama, Pos Indonesia hingga Pegadaian,” kata Arief kepada Kontan, November 2023 lalu.

Menurut Arief, implementasi digital industri 4.0 saja belum cukup, PNM menyempurnakannya dengan menerapkan era society 5.0. Konsep ini menjadikan manusia menjadi subjek pemberdayaan.

IbuPreneur yang menjadi nasabah PNM yang tergabung pada kelompok-kelompok terus didorong secara aktif dan diberikan kepercayaan bahwa merekalah yang sangat berkepentingan terhadap meningkatnya kesejahteraan.

"Merekalah yang menjadi tumpuan utama untuk lebih berdaya," ucap Arief.

Arief menambahkan, PNM secara aktif terus melakukan pemberdayaan melalui pembiayaan, pendampingan dan terus mengajak mereka untuk melek digital.

IbuPreneur baik di dalam kelompok maupun antarkelompok terus didorong agar tercipta saling dukung dengan bertransaksi.

"Mereka terus diberdayakan untuk semakin dekat dengan literasi keuangan dan secara inklusif terlibat dalam lembaga keuangan formal," pungkas Arief.

Baca Juga: Jumlah Pinjaman Non Gadai Naik Lebih dari 100%, Pegadaian Optimis Catat Kinerja Posit

Sejak diluncurkan tahun 2008, hingga tahun 2022 ULaMM sudah tersebar dalam 62 kantor cabang ULaMM, 625 kantor unit ULaMM yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Adapun pembiayaan syariah telah dilayani oleh 624 Unit ULaMM Syariah dari total 625 Kantor Unit ULaMM yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×