kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Dukungan Laba Anak Usaha Bank Terhadap Sang Induk Terus Tumbuh


Rabu, 01 November 2023 / 15:28 WIB
Dukungan Laba Anak Usaha Bank Terhadap Sang Induk Terus Tumbuh
ILUSTRASI. Sejumlah pekerja membersihkan gedung Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Jakarta, Senin (24/10/2022). KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di balik capaian laba perbankan yang begitu besar pada periode sembilan bulan pertama tahun 2023, ada pula kontribusi laba dari anak usaha yang tak boleh dilupakan. Mengingat, kontribusi laba anak usaha ini terus menunjukkan pertumbuhannya.

Ambil contoh, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang mencatat kontribusi laba anak usahanya tumbuh hingga 33,3% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 5,3 triliun. Capaian ini justru melampaui pertumbuhan laba BRI secara konsolidasian yang hanya 12,4% YoY.

Meski demikian, kontribusi laba dari anak usaha tersebut masih sebagian kecil dari laba bank BRI yang mencapai Rp 43,99 triliun. Itu berarti kontribusi laba anak usahanya baru sekitar 11,8%.

Adapun, PT Pegadaian menjadi salah satu penopang besar dalam kontribusi anak usaha bank yang fokus di segmen UMKM ini. Kontribusi dari salah satu anggota Holding Ultra Mikro ini mencapai 61,7%.

Baca Juga: Laba Bersih Bank NOBU Naik 38,41% Jadi Rp 104,4 Miliar per Kuartal III-2023

Posisi selanjutnya diisi oleh anggota Holding Ultra Mikro lainnya yaitu PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Anak usaha ini berkontribusi terhadap laba BRI Group sekitar 23,1%.

Pertumbuhan kontribusi laba anak usaha juga dirasakan oleh PT Bank Mandiri Tbk pada tiga kuartal pertama di 2023 ini. Kontribusi laba anak usaha mencapai Rp 4,21 triliun atau naik 33,2% YoY.

Jika dirinci, kontribusi terbesar berasal dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang mencatatkan laba sekitar Rp 4,2 triliun hingga September 2023. Di mana, laba yang disetorkan kepada induk, dalam hal ini Bank Mandiri adalah senilai Rp 2,16 triliun.

Selanjutnya, ada PT Bank Mandiri Taspen yang memberikan kontribusi terbesar kedua senilai Rp 577 miliar. Dilanjutkan dengan kontribusi laba dari PT AXA Mandiri Financial Services senilai Rp 514 miliar.

“Kami akan terus memaksimalkan sinergi kolaborasi secara Mandiri Group untuk menyediakan layanan ekosistem jasa keuangan yang lengkap,” ujar Direktur Keuangan Bank Mandiri Sigit Prastowo, awal pekan lalu.

Meski demikian, Sigit memberi sinyal bahwa tidak menutup kemungkinan jika Bank Mandiri bisa melakukan divestasi anak usaha jika tak memberi kontribusi yang signifikan. Ambil contoh, bank berlogo pita emas ini melakukan divestasi kepemilikan sahamnya di PT AXA Insurance Indonesia, baru-baru ini.

Baca Juga: Layak Ditiru, Berhasil Memacu Untung Tanpa Lingkungan Menjadi Buntung

Sigit menegaskan bahwa langkah divestasi tersebut bertujuan untuk memperkuat fokus bisnis, yang saat ini masih memiliki AXA Mandiri Financial Services. Sekaligus, langkah tersebut dinilai untuk mengoptimalkan modal.

“Kontribusi dari AXA Insurance Indonesia atau yang dulunya Mandiri AXA General Insurance ini selama ini tidak terlalu signifikan pengaruhnya terhadap profit atau kinerja Bank Mandiri,” ujar Sigit.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×