kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,02   3,68   0.41%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir: 31 Dana Pensiun BUMN dalam Kondisi Prihatin


Rabu, 10 Mei 2023 / 15:16 WIB
Erick Thohir: 31 Dana Pensiun BUMN dalam Kondisi Prihatin
ILUSTRASI. Erick Thohir Sebut 31 Dana Pensiun BUMN Dalam Kondisi Prihatin


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut, sebanyak 31 dari 48 dana pensiun BUMN dalam kondisi yang memprihatikan.

Namun, ia tak menjabarkan kondisi memprihatikan yang dimaksud. Dia hanya menyebut bahwa 31 dapen BUMN yang dalam kondisi prihatin itu, bukan berarti seluruhnya disebabkan oleh persoalan korupsi .

"Dari 48 dapen BUMN, ini ada 31 yang prihatin. Artinya bukan semua korupsi, tapi prihatin," ujar Erick Thohir saat ditemui di sela-sela KTT ASEAN di Manggarai Barat, Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Tidak Akan Tolerir Kasus Korupsi di Dana Pensiun BUMN

Ia menuturkan, sejak dua tahun lalu pihaknya sudah membuat peta jalan mengenai konsolidasi dapen BUMN. Kemudian diketahui bahwa ada 31 dapen BUMN yang dalam kondisi memprihatinkan.

Dia bilang, dana pensiun yang memprihatinkan itu pun didalami lebih lanjut untuk mengetahui apakah permasalahannya disebabkan karena salah kelola atau justru adanya indikasi korupsi.

"Kita tentu prihatin ada Rp 9,8 triliun yang harus kita cek ulang karena ini memang salah manajemen yakni tidak ada tindak pidana korupsi, atau ada yang tindak pidana," kata Erick.

Erick pun memastikan, program bersih-bersih BUMN terus berjalan. Hal ini dilakukan dengan dua hal yakni perbaikan sistem dan menempatkan pimpinan yang tepat pada unit dana pensiun tersebut.

Upaya bersih-bersih itu setidaknya tercermin dari terungkapnya kasus korupsi yang terjadi pada dapen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Kejaksaan Agung pun telah menetapkan 6 tersangka pada kasus ini.

Baca Juga: Diduga Rugikan Negara Rp 148 Miliar, Ini Peranan Tersangka di Kasus Dapen Pelindo

Menurutnya, terungkapnya kasus tersebut merupakan bagian dari program bersih-bersih BUMN yang dilakukan bekerja sama dengan Kejaksaan Agung.

"Program bersih-bersih ini nyata. Saya kembali mengingatkan seluruh rekan-rekan pimpinan di BUMN bahwa saya memgang penuh dan tidak mentoleransi kejadian-kejadian seperti ini," tegas Erick Thohir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Sebut 31 Dana Pensiun BUMN Dalam Kondisi Prihatin"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×