kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Esta Kapital Catatkan Penyaluran Dana Tumbuh 39% Tahun 2023


Sabtu, 24 Februari 2024 / 13:26 WIB
Esta Kapital Catatkan Penyaluran Dana Tumbuh 39% Tahun 2023
ILUSTRASI. Kerja sama penyaluran pinjaman mikro perbankan melalui platform Esta Kapital.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Esta Kapital mencatatkan performa bisnis yang cukup gemilang. Sepanjang tahun 2023, perseroan berhasil menyalurkan dana sebesar Rp 197,4 miliar, meningkat 39℅ secara tahunan (year on year/yoy).

Direktur Utama Esta Kapital, Yefta Surya Gunawan mengungkapkan, dana tersebut disalurkan kepada lebih dari 61 ribu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. "Peningkatan kinerja tersebut sesuai dengan target yang ditentukan perseroan sejak awal tahun," kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (24/2).

Yepta bilang, pertumbuhan tersebut disertai dengan perbaikan kualitas aset. Rasio non performing loan (NPL) atau kredit macet  turun ke level 1.87% atau Tingkat Keberhasilan Bayar 90 hari (TKB 90) sebesar 98,13%. Pada tahun 2022, tingkat NPL mencapai 2,61% atau TKB 90 mencapai sebesar 97,39%.

Baca Juga: OJK Sebut Semua Fintech Lending Telah Menaati Aturan Penyesuaian Bunga

“Di tengah peningkatan angka kredit macet di industri Fintech Pendanaan atau peer to peer lending, kami berhasil menekan rasio kredit macet di bawah 2%. Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk selalu memberikan kinerja yang terbaik dan peluang untuk mendapatkan hasil yang lebih bagi seluruh stakeholders yang ada,” paparnya.

Yefta menambahkan, peningkatan performa Esta Kapital dari sisi penyaluran pendanaan maupun tingkat keberhasilan bayar tidak terlepas dari berbagai ekosistem yang dimiliki perseroan dalam kegiatan bisnis dan operasional. Salah satunya melalui kerjasama dengan Esta Dana Ventura dan Sampoerna Retail Community (SRC).

Selain itu, Esta Kapital juga melakukan berbagai mitigasi risiko yang telah diterapkan seperti asuransi kredit Simasnet Insurtech. Kemudian, menjaga kepercayaan publik maupun institusi yang telah bergabung menjadi bagian dari Esta Kapital.

“Dengan capaian ini, kami akan selalu menjaga kepercayaan seluruh pihak yang mempercayakan kami, baik dari lender, borrower, dan shareholders; dan kami akan senantiasa untuk bersinergi dengan berbagai pihak untuk dapat meningkatkan kinerja kami di masa mendatang,” tutup Yefta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×