kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitch tetapkan rating watch positif untuk Asuransi Adira


Kamis, 31 Januari 2019 / 11:41 WIB
Fitch tetapkan rating watch positif untuk Asuransi Adira


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat kredit Fitch Ratings Indonesia menetapkan peringkat Nasional Insurer Financial Strength (IFS) PT Asuransi Adira Dinamika pada prospek pengawasan positif (rating watch positif/RWP).

Prospek tersebut sejalan dengan penjualan 70% kepemilikan saham PT Bank Danamon Indonesia di Asuransi Adira ke Zurich Insurance Group, induk perusahaan dari Zurich Insurance Company.

Sebagai informasi, PT Bank Danamon yang merupakan induk perusahaan Asuransi Adira berada pada peringkat IDR Jangka Panjang ‘BBB’/Stabil, sementara Zurich Insurance Company memiliki rating IFS ‘AA-‘/Stabil. Peringkat Nasional IFS ‘AA’ menunjukkan kapasitas yang sangat kuat untuk memenuhi kewajiban kepada pemegang polis.

Menurut Fitch, akuisisi tersebut menunjukkan potensi dampak positif. Alasannya, Asuransi Adira bisa bersinergi dengan grup asuransi global terkemuka, terutama dalam peningkatan pengembangan produknya. Peringkat RWP juga menunjukkan kapitalisasi yang baik, portofolio investasi yang pruden, serta kinerja penjaminan underwriting yang kuat.

Selain itu, RWP juga menunjukkan profil bisnis yang moderat, waralaba bisnis yang memadai dalam sektornya, skala operasi yang moderat, selera risiko yang setara dengan sektor dan partisipasi dalam lini bisnis yang beragam.

Fitch juga memandang portofolio investasi Asuransi Adira termasuk dalam kategori konservatif dan sangat lkuid. Maklum saja, lebih dari 90% portofolionya dalam bentuk tunai, deposito, dan pendapatan tetap. Per September 2018, menurut Fitch profitabilitas perusahaan tetap kuat karena hasil underwriting yang positif dan pengembalian investasi yang stabil.

Menurut Fitch, untuk memperoleh kenaikan peringkat, Asuransi Adira perlu menguatkan profil bisnisnya dan melakukan diversifikasi pada bisnis non-kendaraan bermotor secara berkesinambungan. 

Selain itu, Asuransi Adira juga perlu menjaga profitabilitas operasional dan rasio risk-based-capital (RBC) di atas 280% secara konsisten. Sebaliknya, memburuknya margin underwriting dan penurunan tajam RBC menjadi di bawah 200% bakal menurunkan peringkat Asuransi Adira.

Per September 2018, rasio rasio RBC Asuransi Adira adalah sebesar 237%. Menurun dari 2017 yang sebesar 282%. Meskipun begitu, angka ini masih berada di atas ketentuan minimum sebesar 120%. Ketentuan tersebut tertuang dalam pasal 2 Keputusan Menteri Keuangan Nomor 424/KMK.06/2003 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Reasuransi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×