kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fokus Garap UMKM, Bank Sampoerna Targetkan Kredit Tumbuh hingga 15% Tahun Ini


Jumat, 15 Maret 2024 / 20:09 WIB
Fokus Garap UMKM, Bank Sampoerna Targetkan Kredit Tumbuh hingga 15% Tahun Ini
Bank Sampoerna menyelenggarakan rangkaian Sampoerna Fest 2024 yang bertujuan mendorong literasi keuangan.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) sebagai bank yang fokus pada segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bank ini menargetkan angka pertumbuhan kredit di kisaran 10% sampai dengan 15% secara tahunan (year on year/YoY) pada 2024.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna Henky Suryaputra mengatakan, demi mencapai target bisnis tersebut, salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mendukung bisnis UMKM melalui pemberian bunga kredit yang flat meski era bunga tinggi.

"Bunga kredit, walau dari Bank Indonesia beberapa tahun terakhir menaikkan suku bunga, tapi Kami masih flat dan tidak naik sama sekali. Justru masa covid Kami membantu debitur gimana agar mereka bisa menjalankan bisnis lagi," kata Hengky saat ditemui Kontan di Jakarta, Jumat (15/3).

Bank ini sendiri memang belum merilis laporan keuangannya untuk tahun penuh 2023, namun Hengky menyebut kinerja keuangan pada tahun lalu lebih baik dibandingkan tahun 2022. Sementara itu pada kuartal satu tahun ini, Hengky menyebut kinerja pertumbuhannya single digit.

Baca Juga: Permudah Kepemilikan Hunian, Bank Mandiri Kolaborasi Dengan APERSI

"Januari awal tahun dan banyak liburnya juga jadi masih kecil pertumbuhannya, masih single digit. Tapi secara profitabilitas Kami lebih baik dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Ke depan Hengky menyebut pihaknya bakal terus mendorong penyaluran kredit ke segmen UMKM, sebagaimana fokus Bank Sampoerna yang fokus ke UMKM. Begitu juga dengan para pemegang saham sudah berkomitmen untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Salah satu upaya Bank Sampoerna dalam mendukung UMKM dan mendorong literasi keuangan di masyarakat yakni dengan menggelar rangkaian roadshow Sampoerna Fest 2024 yang bakal digelar di kota-kota besar di Indonesia setiap tiga bulan sekali.

Roadshow ini akan dimulai dari Kota Surabaya pada 25 Mei 2024, menyusul Pontianak pada Juli 2024, Semarang pada Oktober 2024, dan Sorong pada Januari 2025.

Dengan konsep edutainment, Sampoerna Fest menjadi pesta literasi, karena selain mendapatkan edukasi terkait pengelolaan keuangan yang bijak, masyarakat juga sekaligus diajak menikmati ragam hiburan yang akan dihadirkan.

Bank Sampoerna juga bakal memperkenalkan secara masif layanan keuangan Sampoerna Mobile Banking, yang memiliki produk tabungan Sampoerna Mobile Saving. 

Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna, Henky Suryaputra.

Hengky berharap dengan adanya Sampoerna Fest, nasabah yang menabung dan menggunakan mobile banking Bank Sampoerna bakal bertambah lebih banyak. Adapun saat ini jumlah pengguna sudah mencapai ratusan ribu

"Penggunanya sudah ratusan ribu, tapi bisa mencapai 500 ribu, setidaknya baru setengahnya. Dan ini bakal terus bertumbuh, apalagi dengan adanya Sampoerna Fest," kata Hengky. 

Baca Juga: Penyaluran Kredit Multiguna Diproyeksikan Meningkat Pada Ramadan dan Lebaran 2024

Asal tahu saja, melalui mobile banking, Bank Sampoerna menawarkan produk tabungan yang memiliki keunggulan yakni Undian sepanjang tahun dengan total hadiah miliaran rupiah dengan hadiah grand prize berupa 1 unit Toyota Innova Zenix.

Seiring dengan itu, salah satu layanan digital Bank Sahabat Sampoerna, yakni PDaja.com turut serta memeriahkan acara Sampoerna Fest. PDaja.com merupakan platform pinjaman digital yang memiliki visi dan misi untuk menjadi solusi pendanaan bagi masyarakat, khususnya UMKM, yang menyediakan akses permodalan dengan persyaratan yang fleksibel dan mendapatkan fasilitas Plafon Rekening Koran (PRK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×