kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45986,32   -9,65   -0.97%
  • EMAS1.004.000 inf%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Gandeng Bloomberg Philanthropies, SMI percepat penyediaan energi bersih di Indonesia


Kamis, 16 September 2021 / 16:43 WIB
Gandeng Bloomberg Philanthropies, SMI percepat penyediaan energi bersih di Indonesia
ILUSTRASI. Pekerja melakukan perawatan panel surya di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) milik Hotel Santika Premiere Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/7/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) bersama dengan Bloomberg Philanthropies, menandatangani komitmen kerja sama untuk mendorong transisi energi bersih di Indonesia, serta mempromosikan ekonomi biru dan konservasi laut.

Kerja sama ini telah dimulai sejak 8 April 2019 dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT SMI dan Bloomberg Philanthropies di kota New York, Amerika Serikat. 

Penguatan kemitraan ini adalah salah satu bentuk dukungan Bloomberg Philanthropies melalui SMI untuk mendukung target pembangunan berkelanjutan dalam platform pendanaan SDG Indonesia One (SIO), khususnya dalam transisi energi bersih dan mengurangi perubahan iklim.

Baca Juga: Insentif PPnBM 100% sudah berakhir, pembiayaan mobil bekas bisa tumbuh

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa, Indonesia berkomitmen untuk mengambil bagian dalam memerangi perubahan iklim, hal ini tercermin dalam komitmennya pada Perjanjian Paris.  "Indonesia juga berkomitmen untuk mengurangi gas rumah kaca sebesar 29% dengan kapasitas sendiri, dan 41% dengan dukungan internasional pada tahun 2030," kata Sri Mulyani dalam keterangan resmi, Kamis (16/9). 

Melalui platform SDG Indonesia One, kemitraan keduanya diharapkan dapat menciptakan inovasi dan program kolaboratif yang dapat mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk memerangi perubahan iklim dan mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

“Kemitraan Bloomberg Philanthropies dengan PT SMI telah membantu memajukan proyek energi surya dan mendorong transisi energi bersih di seluruh Indonesia, dan dalam fase kerja terbarunya kami akan memperluas kemajuan tersebut,” kata Michael R. Bloomberg, pendiri Bloomberg LP dan Bloomberg Philanthropies.

Pihaknya fokus pada pengumpulan data dan menarik pembiayaan untuk proyek-proyek yang mempromosikan keberlanjutan, konservasi laut, dan upaya menuju masa depan zero emisi. Melalui kerja sama ini, ia berharap dapat membantu meningkatkan investasi, memperkuat ekonomi Indonesia dan mendukung perjuangan melawan perubahan iklim.

Baca Juga: MTN BRI Multifinance senilai Rp 500 miliar meraih peringkat idAA

Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad percaya bahwa kolaborasi ini dapat memerangi perubahan iklim dan mendukung transisi energi bersih melalui berbagai cara seperti memberikan bantuan teknis melalui capacity building terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs), perubahan iklim dan transisi energi global.

"Kemudian menyediakan dukungan fasilitas penyiapan proyek untuk meningkatkan persiapan proyek berkelanjutan, mendukung penelitian terkait perkembangan rendah karbon untuk emisi net-zero, serta berkolaborasi dalam proyek yang mendukung lingkungan laut dan masyarakat pesisir," tutupnya. 

Selanjutnya: Perbankan ramai-ramai masuki bisnis PayLater, ini kisaran bunganya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×