kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,90   0,60   0.08%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM -0.03%
  • RD.CAMPURAN 0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Hadapi new normal, operasional TI Bank BTN sudah hampir siap 100%


Senin, 01 Juni 2020 / 16:57 WIB
Hadapi new normal, operasional TI Bank BTN sudah hampir siap 100%
ILUSTRASI. Suasana transaksi keuangan di Bank BTN Jakarta, Selasa (19/5). PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. akan menyalurkan Subsidi Selisih Bunga (SSB) untuk kredit rumah murah sebanyak 146.000 unit./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/19/05/2020

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebijakan kenormalan baru (new normal) kini sudah diberlakukan, walhasil sejumlah perbankan sudah secara bertahap membuka operasional kantor cabang.

Tapi bukan itu saja, pada era baru ini perbankan pun menjadi lebih serius menggarap sistem layanan bisnis operasional dan teknologi informasi (TI) seperti sistem pembayaran seperti kliring, real time gross settlement (RTGS), sistem perbendaharaan dan anggaran negara (SPAN) dan lain-lain.

Khusus operasional TI tersebut, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) memastikan persiapannya sudah mendekati 100%.

Baca Juga: Sah, OJK setujui pengangkatan Chandra Hamzah cs jadi pengurus baru Bank BTN

Direktur TI Bank BTN Andi Nirwanto mengatakan, untuk optimalisasi digital, selain ragam layanan yang akan dioptimalkan, ke depan perseroan akan memperluas layanan transaksi perbankan bagi nasabah.

"Memang mobile banking akan menjadi fokus. Karena aspek karakteristik nasabah yang membutuhkan transaksi kapan saja dan di mana saja," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (1/6).

Sementara dari sisi infrastruktur, Bank BTN justru tidak punya rencana penambahan seperti mesin ATM. Sebab, sebagai salah satu bank plat merah, BTN juga akan ikut berintegrasi dengan Bank Himbara dalam hal ATM atau kini disebut ATM Link.

Misalnya saja, saat ini jumlah ATM Link milik empat bank Himbara sudah berjumlah 53.000 yang nantinya akan berintegrasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Sebagai tambahan informasi saja, per Maret 2020 total kantor cabang BTN tercatat sebanyak 905 kantor atau turun dari periode yang sama tahun sebelumnya 983 kantor. Sementara jumlah mesin ATM milik BTN tercatat sebanyak 2.160.

Baca Juga: Dukung new normal, Bank BTN ajak pengembang bangun rumah rakyat

Sementara itu, untuk jumlah pengguna mobile banking BTN saat ini mencapai 1,26 juta nasabah meningkat 34,65% secara year on year (yoy). Begitu pula dari jumlah transaksi yang sudah mencapai 16,15 juta dan tumbuh 36,17% yoy.

Sejalan dengan jumlah transaksi, nominal transaksi mobile banking BTN turut meningkat signifikan 31,91% yoy dari Rp 1,99 triliun per Maret 2019 menjadi Rp 2,62 triliun per akhir Maret 2020.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×