kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Hadirkan fitur paylater, begini cara Kredivo atasi kredit macet


Senin, 24 Juni 2019 / 21:13 WIB

Hadirkan fitur paylater, begini cara Kredivo atasi kredit macet

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belakangan ini fitur paylater menjadi alternatif pembayaran yang kian populer. Pasalnya, konsumen bisa menunda pembayaran atas transaksi yang dilakukan.

Fungsi dari paylater ini mirip-mirip dengan kartu kredit. Bedanya, kartu kredit itu disediakan bank, sedangkan paylater ini disediakan lembaga-lembaga keuangan nonbank yang dalam hal ini adalah financial technology (fintech).


Salah satu pemain fintech yang menggunakan fitur ini adalah Kredivo. Menurut Indina Andamari, Head of Marketing Kredivo, fitur PayLater Kredivo memiliki bunga terendah di pasaran. Dimulai dari 0% untuk pembayaran dalam 30 hari dan 2.95% per bulan untuk cicilan tiga sampai dua belas bulan.

Untuk menekan kredit macet, Indina menyebut pihaknya menyiapkan strategi khusus.

"Prinsip kami sejak awal adalah responsible lending, jadi kami berkomitmen dalam mengedukasi masyarakat untuk menggunakan kredit secara bijak & bertanggung jawab. Cara kami menjaga pembayaran kredit tetap lancar dimulai dari proses penilaian skor kredit yg tepat. Artinya benar-benar hanya menyetujui peminjam yang memiliki kecenderungan tinggi untuk membayar kembali," ujar Indina kepada Kontan.co.id, Senin (24/6).

Ia pun mengklaim sejauh ini pengguna fitur paylater Kredivo selalu membayar pinjamannya. Di samping itu ia menyebut banyak institusi keuangan mempercayakan dananya untuk disalurkan melalui Kredivo.

"Selain memfilter sejak awal, kami juga memiliki team analisa fraud dan sistem collection yang menyeluruh mulai dari notifikasi email, SMS, automated call, hingga aplikasi internal yang membantu menyesuaikan prioritas penagihan setiap hari," jelas dia.

PayLater sendiri bisa digunakan di semua merchant partners Kredivo (online maupun offline), maupun pembelian produk digital di aplikasi Kredivo. Kredivo juga menyediakan pinjaman tunai yang bisa dibayar kembali secara berkala. 

Jika ingin bayar kembali ke Kredivo user hanya transfer ke virtual account atau melalui Indomaret/Alfamart.

Nah untuk menggunakan fitur ini ada sejumlah syarat yang diajukan yakni harus WNI berusia di atas 18 tahun & berpenghasilan di atas Rp 3 juta. Selain itu berdomisili di area operasional Kredivo.


Reporter: Ahmad Ghifari
Editor: Tendi

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×