kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.884.000   -21.000   -1,10%
  • USD/IDR 16.620   -10,00   -0,06%
  • IDX 6.833   5,05   0,07%
  • KOMPAS100 987   -1,19   -0,12%
  • LQ45 765   1,61   0,21%
  • ISSI 218   -0,33   -0,15%
  • IDX30 397   1,17   0,30%
  • IDXHIDIV20 467   0,48   0,10%
  • IDX80 112   0,13   0,12%
  • IDXV30 114   0,08   0,07%
  • IDXQ30 129   0,38   0,29%

Hasil Survei: Bunga Deposito Tinggi Tak Menjamin Loyalitas Nasabah


Selasa, 13 Mei 2025 / 07:47 WIB
Hasil Survei: Bunga Deposito Tinggi Tak Menjamin Loyalitas Nasabah
ILUSTRASI. Upaya perbankan, terutama bank digital, menawarkan bunga deposito yang tinggi tak menjamin loyalitas nasabah


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Upaya perbankan, terutama bank digital, menawarkan bunga deposito yang tinggi tak menjamin loyalitas nasabah. Pasalnya, hanya segelintir orang yang memperhatikan bunga tersebut.

Survei terbaru terkait sikap nasabah bank yang dilakukan oleh Accenture terhadap 49.300 nasabah di 39 negara mengungkapkan persaingan bunga antar perbankan tak bersifat jangka panjang. Hasil survei tersebut bilang bahwa bunga tinggi hanya membantu nasabah ketika hendak memilih bank untuk menyimpan uangnya.

Adapun, setelah menyimpan uangnya di sebuah bank, banyak nasabah tidak secara aktif memantau suku bunga yang mereka dapatkan. Di mana, 53% responden bahkan tidak tahu berapa suku bunga tabungan mereka sendiri.

“Faktanya, suku bunga hanya menempati peringkat kesepuluh dalam hal pendorong advokasi pelanggan, karena banyak pelanggan yang tidak menyadarinya,” tulis survei tersebut.

Baca Juga: Pemulihan Aset Bermasalah di Bank BUMN Membaik

Lebih lanjut, sebagian besar nasabah hanya akan mempertimbangkan untuk memindahkan tabungan mereka jika mereka bisa mendapatkan tambahan 250 basis poin atau hampir peningkatan 3%.

“Karena perbedaan suku bunga sebesar itu jarang terjadi, berpindah bank demi suku bunga yang lebih tinggi bukanlah prioritas,” ungkap riset terbaru.

Di sisi lain, survei tersebut menunjukkan bahwa 60% pelanggan menginginkan imbalan berbasis hubungan, namun hanya 45% yang merasa puas dengan apa yang mereka terima.

Dalam hal ini, imbalan tidak sama dengan program loyalitas. Di mana, peluang terletak pada penciptaan manfaat yang disesuaikan dengan kebutuhan, preferensi, dan kedalaman hubungan masing-masing pelanggan dengan bank.

Baca Juga: Laju Pertumbuhan Kredit Valas Mulai Melambat

Selanjutnya: Penerimaan Pajak Diramal Kembali Shortfall Pada 2025

Menarik Dibaca: Promo Superindo Weekday 13-15 Mei 2025, Melon Super-Bawang Merah Diskon s/d 40%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×