kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Holding UMi Ajak Nasabah Mikro Gunakan Layanan Keuangan Supaya Bisnis Naik Kelas


Kamis, 07 Maret 2024 / 16:54 WIB
Holding UMi Ajak Nasabah Mikro Gunakan Layanan Keuangan Supaya Bisnis Naik Kelas
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Sekretaris Perusahaan PT Bank BCA Syariah Nadia Amalia (kiri) melakukan pembayaran melalui mesin EDC di booth UMKM Muslim Fashion Week ICE BSD Tangerang, Kamis (20/10). PT Bank syariah hadir di Jakarta muslim fashion week 2023. Bca syariah memberikan kemudahan pembayaran dengan QR melalui EDC BCA untuk seluruh booth penjualan serta memberikan pendampingan dan inkubasi pelaku usaha perempuan melalui program WEpreneur./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/20/10/2022.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Holding Ultra Mikro (UMi) menggenjot kemudahan akses untuk nasabah ultra mikro dan mikro ke produk-produk keuangan. Direktur utama PT PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjelaskan, holding perusahaan keuangan yang terdiri dari BRI, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) diharapkan bisa mendorong taraf hidup masyarakat.

Salah satu target dari Holding UMi ini memang memberdayakan masyarakat agar bisa naik kelas. “Dari ultra mikro naik kelas jadi mikro, lalu naik kelas jadi menengah dan seterusnya. Seiring kenaikan itu, produk keuangan yang bisa diakses juga menyesuaikan, dari awalnya produk keuangan ultra mikro, lalu naik jadi kelas mikro dan seterusnya,” tutur Sunarso, saat menghadiri World Economic Forum pertengahan Januari lalu.

Holding Ultra Mikro bukan sekadar membantu usaha ultra mikro dan UMKM berkembang dari segi pendanaan. Entitas anggota Holding UMi ini juga membantu pengembangan usaha kecil dari sisi infrastruktur. Ini dilakukan lewat sejumlah produk yang bisa membantu operasional usaha kecil.

Baca Juga: Strategi Holding UMi Pacu Nasabah Naik Kelas Melalui SenyuM

Salah satunya produk Stroberi Kasir yang dikembangkan oleh BRI. Stroberi kasir adalah aplikasi manajemen kasir berbasis Android yang berfungsi untuk pencatatan transaksi, pengelolaan persediaan, tatakelola dan administrasi usaha, serta layanan keuangan.

Aplikasi ini juga memudahkan pengusaha kecil mengawasi dan mengevaluasi tagihan. Dengan Stroberi Kasir, pengusaha dapat mengetahui riwayat pembayaran dan mengawasi tagihan yang telah dibayarkan saat itu juga. Aplikasi ini juga memiliki fungsi analisa tagihan, yang bisa membantu pengusaha membuat keputusan untuk mendorong bisnis, berdasarkan data dan tren.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google PlayStore. Semua fitur yang ada di aplikas ini juga bisa digunakan secara gratis.

BRI pertama kali meluncurkan aplikasi ini pada Maret 2020 silam. Kini, sudah banyak pelaku bisnis yang merasakan manfaat aplikasi ini. Misalnya para pengusaha UMKM di Desa Megulung Kidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Punya Potensi Desa Berkelanjutan,Desa Bansari Raih Juara1 Desa BRILiaN 2023 dari BRI

Desa ini merupakan salah satu desa yang memperoleh penghargaan di ajang Desa BRIlian BRI. Menurut Kepala Desa Megulung Kidul Malik Khairul Anam, produk Stroberi Kasir sangat bermanfaat untuk membantu pengembangan bisnis pelaku UMKM di wilayahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×