kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,34   9,03   0.99%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Alasan Pefindo Kerek Peringkat Mandala Finance dan Oto Multiartha Jadi idAAA


Minggu, 21 April 2024 / 20:50 WIB
Ini Alasan Pefindo Kerek Peringkat Mandala Finance dan Oto Multiartha Jadi idAAA
ILUSTRASI. Kantor PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) di Setiabudi Atrium, Jakarta (25/3). KONTAN/Daniel Prabowo/25/03/2008


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) membeberkan alasan PT Mandala Multifinance Tbk dan PT Oto Multiartha naik peringkat menjadi idAAA. Secara rinci, PT Mandala Multifinance Tbk sebelumnya berperingkat idA menjadi idAAA, dan PT Oto Multiartha dari idAA+ menjadi idAAA.

Mengenai hal itu, Kepala Divisi Riset Ekonomi Pefindo Suhindarto menyebut salah satu pemicu Mandala dan Oto naik peringkat didorong oleh rencana akuisisi oleh perusahaan yang ratingnya kuat. Dengan demikian, perusahaan yang mengakuisisi itu akan menjadi pemegang saham mayoritas dan masuk dalam strategi bisnis mereka. 

"Kebetulan keduanya diakuisisi oleh perbankan. Kami menaikkan menjadi triple A dua-duanya," katanya dalam konferensi pers yang dilaksanakan secara daring, Jumat (19/4).

Adapun Mandala Finance resmi diakuisisi Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF), lalu PT Bank BTPN Tbk (BTPN) resmi mengakuisisi PT Oto Multiartha.

Baca Juga: Ini Kata WOM Finance Soal Berakhirnya Kebijakan Restrukturisasi Covid-19

Suhindarto menyebut Mandala Finance banyak beroperasi pada pembiayaan motor dan berbisnis di Indonesia Timur dan akan menambah bisnis MUFG, yang sebelumnya sudah memiliki Adira.

Adapun Oto Multiartha akan memperkuat bisnis BTPN ke sektor pembiayaan atau bisnis finansial di Indonesia.

Selain Oto Multiartha dan Mandala Finance, Pefindo juga menaikkan peringkat PT Indomobil Finance Indonesia yang sebelumnya idA+ menjadi idAA-. Pefindo telah memberikan kenaikan peringkat kepada 3 perusahaan multifinance tersebut selama kuartal I-2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×