Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank DKI terus melanjutkan pengembangan layanan digitalnya sebagai strategi mendorong pertumbuhan bisnis. Inovasi produk dan layanan berbasis digital diperkuat bank ini untuk memperluas aksesibilitas layanan perbankan kepada masyarakat.
Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, layanan digital yang terus dikembangkan bank ini diantaranya JakOne Mobile, pembayaran elektronik berbasis kartu JakCard, dukungan UMKM dengan sistem keagenan JakOne Abank.
“Bank DKI juga terus melakukan upaya kolaborasi untuk mendukung elektronifikasi pembayaran terintegrasi pada moda transportasi, tempat wisata kelolaan Pemprov DKI, digitalisasi pembayaran pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya, hingga berbagai kolaborasi digital dengan BPD, BUMD dan entitas lainnya,” kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (9/4).
Sejalan dengan pengembangan tersebut, jumlah pengguna aplikasi JakOne Mobile Mobile banking Bank DKI terus meningkat. Per Desember 2023, jumlahnya mencapai 2,23 juta orang, tumbuh 12,11% secara tahunan (year on year/yoy). Volume dan nominal transaksinya masing-masing 29,62 juta dan Rp 30,63 triliun.
Adapun jumlah pengguna aplikasi JakOne Abank telah mencapai 4,99 ribu agen atau tumbuh 170,42% secara tahunan dengan volume transaksi sebesar 3,18 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp1,72 triliun.
Baca Juga: Kinerja Bank Digital Dua Bulan Pertama 2024 Melejit, Performa BCA Digital Paling Top
Sedangkan pengguna JakOne Merchant yang menyediakan layanan pembayaran secara real time dengan menggunakan QRIS pada periode Q4 2023 mencapai 31,47 ribu merchant, tumbuh 101,39% YoY dengan volume transaksi sebesar 3,25 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp533,55 miliar.
Pada akhir 2023, Bank DKI juga memperkenalkan Jakarta Tourist Pass yang merupakan solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard Bank DKI) dan aplikasi (JakOne Pay Bank DKI) yang dapat digunakan untuk mempermudah wisatawan dalam mengakses layanan pariwisata di Jakarta.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi mengatakan, JakOne Mobile – Jakarta Tourist Pass memiliki sejumlah fitur, yakni Maps yang menyajikan daftar lokasi destinasi wisata, fitur Event yang digunakan sebagai sumber referensi lokasi, waktu dan harga tiket destinasi wisata di Jakarta, fitur pembayaran dengan metode scan to pay, update balance, hingga Top Up JakCard.
Sedangkan kebutuhan tiket elektronik transportasi terintegrasi di Jakarta seperti KRL Commuter Line, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga LRT Jabodebek, dapat diakses dengan JakCard Bank DKI.
Ia menambahkan bahwa Bank DKI terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan inovatif demi kenyamanan transaksi, serta mendukung sinergi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global.
“Produk dan layanan Bank DKI akan terus diperluas seiring dengan visi Bank DKI untuk mendukung pertumbuhan Jakarta melalui pengembangan UMKM, kemudahan bertransaksi dan mewujudkan sistem transaksi non-tunai,” kata Arie.
Baca Juga: OJK: Penghentian Kebijakan Restrukturisasi Sedikit Berdampak ke Perusahaan Pembiayaan
Sejalan dengan inovasi yang dilakukan, Bank DKI berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan sepanjang tahun ini. Terbaru, bank ini meraih penghargaan Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah dari ajang 5th Anniversary Indonesia Best CEO Awards 2024 yang digelar The Iconomics.
Penghargaan Indonesia Best 50 CEO Awards 2023 merupakan bentuk apresiasi kepada para Chief Executive Officer (CEO) dan pemimpin lembaga pemerintahan/publik pilihan panelis dan The Iconomics dari berbagai sektor, baik BUMN, BUMD, swasta nasional dan internasional.
“Penghargaan yang diraih pastinya menjadi dorongan bagi Bank DKI untuk terus meningkatkan kinerja sehingga mampu meraih visi menjadi bank pilihan masyarakat dan berimplikasi terhadap perekonomian Jakarta," pungkas Amirul.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News