kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Ini Tiga Manfaat Ajari Anak Menabung Sejak Dini


Senin, 14 Juni 2021 / 12:00 WIB
Ini Tiga Manfaat Ajari Anak Menabung Sejak Dini

Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

 

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tentu Anda tidak ingin anak menjadi sosok yang boros saat dewasa. Untuk itu, mengajari anak menabung sejak dini tentu banyak manfaatnya.

Kebiasaan menabung memang harus ditanamkan sejak kecil. Hal ini bertujuan agar di masa dewasanya kelak, mereka menjadi sosok yang mandiri dan tidak merepotkan banyak orang. Hal ini juga akan membuat mereka tidak mudah terlilit utang. Oleh karena itu, sebelum terlambat, tidak ada salahnya mengajarkan anak menabung sejak kecil. Secara garis besar, ada tiga manfaat mengajarkan anak menabung sejak dini.

Pertama, menabung dapat mengajari anak untuk menghargai uang dan tidak menghambur-hamburkannya. Setelah ia mengumpulkan sendiri uang untuk membeli sesuatu, nantinya anak akan memikirkan ulang apakah keinginan tersebut penting untuk dipenuhi atau tidak. Pasalnya, anak akan mengetahui jerih payah mengumpulkan uang dan menjadi bijak dalam menggunakan uang apabila sudah memiliki tabungan.

Baca Juga: Merasa Gaji Cepat Habis? Ini Cara Antisipasinya

Tidak hanya Mama Papa saja yang harus bisa mengatur keuangan, si kecil juga harus bisa. Dengan belajar menabung, secara tidak langsung orangtua juga akan membiasakan anak untuk mengatur keuangan sendiri. Contoh paling sederhana adalah menyisihkan uang untuk membeli mainan kesukaannya. Cara ini dapat meningkatkan semangat si kecil untuk menabung dan mengatur keuangannya agar tujuannya cepat tercapai.

Belajar disiplin dan konsisten adalah manfaat menabung berikutnya. Dari uang saku yang diberikan secara rutin, kita dapat mengarahkan anak untuk menyisihkannya sesuai dengan angka tertentu setiap harinya, misalnya Rp10 ribu per hari. Cara melatih anak menabung seperti ini akan mengajarkan mereka kedisiplinan, komitmen, konsistensi, dan tanggung jawab.

Anak-anak umumnya belajar tentang cara mengelola keuangan dari orangtuanya. Jadi, secara tidak langsung orangtua adalah inspirasi anak untuk memulai menabung dan menangani uang dengan memerhatikan orangtua mereka.

Guna membantu anak-anak supaya rajin menabung, Anda bisa mencoba memberi contoh menabung dan berinvestasi. Salah satunya, dengan mengikuti program deposito.

Bulan ini, J Trust Bank menawarkan program bundling deposito J Trust One yang menawarkan keuntungan kombo dengan menikmati bunga ganda bundling berupa bunga deposito sebesar 6,5% per tahun dan tabungan 4,25% per tahun.

Program bundling deposito J Trust One dilaksanakan mulai 1 Juni 2021 hingga 30 Juni 2021. Nasabah eksisting maupun baru dapat mengikuti program spesial ini, yang penting dana yang disetorkan merupakan dana baru alias fresh fund.

Penempatan dana bundling tidak termasuk setoran awal pada Tabungan J Trust One. Minimum dana kepesertaan adalah Rp100 juta dengan komposisi 66% untuk deposito dan 34% untuk Tabungan J Trust One. Maksimum penempatan dana pada program ini tidak terbatas.

Nasabah dapat memeroleh bunga deposito dan tabungan spesial dari program bundling deposito J Trust One tersebut, dengan syarat simpanan dana di Tabungan J Trust One akan ditahan (hold) dengan jangka waktu yang sama dengan tenor deposito yang dipilih. Saat ini, ada dua pilihan jangka waktu penempatan dana para program bundling deposito J Trust One, yakni 1 bulan dan 3 bulan.

Kepesertaan program bundling deposito J Trust One tidak dapat diperpanjang. Jika produk deposito telah jatuh tempo pada program ini, deposito dapat diperpanjang dengan ketentuan suku bunga standar (counter rate).

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×