kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Tips Melatih Anak Menabung dan Berinvestasi


Kamis, 15 April 2021 / 17:01 WIB
Ini Tips Melatih Anak Menabung dan Berinvestasi
ILUSTRASI. Bersama J Trust Bank melalui program Deposito Berbunga menarik memberikan pelatihan Anak menabung dan berinvestasi


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peran orang tua sebagai guru pertama, sudah tentu akan mengajarkan berbagai macam hal kepada anaknya, dengan harapan anak Anda kelak menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab.

Salah satu hal yang wajib diajarkan orang tua kepada anak-anaknya adalah kegiatan menabung dan berinvestasi. Pengenalan menabung bertujuan agar anak-anak mengenal dan mengerti perihal kegiatan ini sejak awal. Agar anak mudah memahami kegiatan menabung ini, berikut lima cara mujarab yang bisa orang tua ajarkan kepada anak.

Langkah pertama, orang tua bisa memberi pengertian pada anak bahwa tidak semua barang yang ada di sekitarnya dapat dibeli atau perlu dibeli. Ini untuk menghindarkan anak-anak pada perilaku boros.

Baca Juga: Persiapkan Dana Pensiun Anda Sejak Dini

Beri pengetahuan tentang perbedaan antara kebutuhan, keinginan, dan harapan, sehingga anak akan lebih bijak dan paham bagaimana dan untuk apa uang mereka seharusnya dipergunakan.

Langkah kedua, kenalkan fungsi uang kepada anak. Hal ini bisa dilakukan seiring dengan bertambahnya usia anak. Pada masa tersebut, minat anak pada berbagai hal di sekitar juga akan semakin bertambah besar. Mulailah mengenalkan anak pada berbagai fungsi uang dan hal sederhana lainnya tentang uang kepada mereka. Berikan gambaran dan contoh yang mudah saat melakukan hal ini.

Langkah ketiga, ajari anak Anda untuk mampu menyimpan dan “mengembangbiakkan“ uangnya. Pelajaran ini berguna bagi anak agar kelak dapat sejahtera secara finansial.

Orang tua dapat menanamkan pemahaman kepada anak-anak bahwa uang tak hanya bisa untuk dibelanjakan, tapi bisa pula ditabung dan nilainya akan bertambah. Kegunaannya untuk keperluan mendesak pada suatu hari nanti.

Langkah keempat, untuk menghindari rasa bosan menyimpan uang dan mencegah anak putus asa, orang tua bisa memberikan hadiah bagi anak di setiap tahapan menabung.

Apabila tabungan anak sudah mencapai 25% dari total yang ia inginkan, Anda bisa memberikan hadiah kepada anak sebagai apreasiasi, supaya ia tambah semangat mengumpulkan uang tabungan. Ini bisa dilakukan hingga tabungan anak terpenuhi.

Langkah kelima, berikan contoh. Cara terbaik mengajarkan sesuatu kepada anak adalah dengan memberikan contoh langsung kepada mereka. Sebelum membuatkan rekening tabungan untuk anak Anda, sering-seringlah ajak ia ke bank saat kita menyetorkan uang untuk menabung. Perlihatkan uang yang sudah kita kumpulkan di bank agar ia juga tertarik untuk mulai menabung. Jangan ragu memperlihatkan tindakan penghematan yang dilakukan, agar anak juga terbiasa untuk berhemat sejak dini.

Selanjutnya, Anda bisa mengajak anak Anda untuk mengenalkan investasi yang minim risiko dengan mengikuti program deposito. Apalagi bulan ini PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) menawarkan program deposito dengan bunga deposito spesial di mana deposan hanya perlu menempatkan dana minimum Rp500.000 pada salah satu programnya.

Program tersebut adalah program Special Rate Deposito Rupiah J Trust yang menawarkan bunga deposito hingga 7% per annum (p.a). Program ini diselenggarakan oleh J Trust Bank mulai 15 April 2021 hingga 31 Mei 2021.

Dalam program ini, penempatan dana hanya dalam mata uang Rupiah dan berlaku atas nama perorangan. Bunga deposito dalam program ini adalah special rate. Jangka waktu penempatan deposito adalah selama 6 bulan dan 12 bulan, serta tidak dapat diperpanjang. Jika penempatan dana deposito selama 3 bulan, besaran bunganya 6,5% p.a sedangkan tenor 6 bulan, bunga deposito mencapai 7% p.a.

Nasabah dapat menikmati suku bunga deposito spesial ini dengan menempatkan dana minimum Rp500 ribu. Penempatan dana maksimum per satu customer information file (CIF) pada program ini adalah Rp20 juta. Program ini berlaku untuk dana baru (fresh fund). Syarat lainnya adalah nasabah yang berpartisipasi pada program deposito ini wajib membuka rekening tabungan sebagai tempat menampung dana dan hasil bunga deposito.

Memperkenalkan anak pada bank beserta produk-produknya juga menjadi langkah yang baik untuk mulai berinvestasi. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×