kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persiapkan Dana Pensiun Anda Sejak Dini


Rabu, 14 April 2021 / 12:00 WIB
Persiapkan Dana Pensiun Anda Sejak Dini


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Setiap manusia memiliki usia produktif dalam bekerja. Namun, masa produktif juga memiliki akhir.

Suatu saat, tiba waktunya kita akan masuk masa pensiun. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mempersiapkan diri untuk menghadapi masa ini. Biasanya, kita hanya terpaku dengan tunjangan pensiun yang sudah disediakan oleh pemerintah dan perusahaan tempat kita bekerja

Akan tetapi, menurut perhitungan, skema jaminan hari tua dari pemerintah dan perusahaan hanya dapat menutupi 30% dari kebutuhan pada masa pensiun.  Jika hanya mengandalkan program pensiun dari pemerintah dan perusahaan, tentu hanya sebagian kecil impian di masa tua yang dapat terwujud. Bahkan, jangan-jangan kita masih harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan gaya hidup.

Baca Juga: Ingin Investasi Aman dan Terjamin, Kenali Ciri Investasi Bodong

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah pada usia berapa Anda akan berhenti bekerja dan mendapatkan penghasilan secara rutin. Semakin dini Anda mulai mempersiapkan dana pensiun, artinya semakin ringan usaha untuk menyisihkan dana untuk masa pensiun yang sejahtera.

Selanjutnya, langkah yang paling baik ialah dengan menabung pada awal bulan dan memasukkan komponen tabungan hari tua sebagai komponen kewajiban yang harus dipenuhi.

Hindari penggunaan dana pensiun untuk membeli aset. Memang beli aset sah saja dilakukan. Namun, janganlah kaget jika aset Anda nantinya tidak memberi keuntungan. Bisa jadi aset yang Anda membuat Anda merugi. Jika demikian, dana pensiun bisa hilang karena dipakai untuk membeli aset.

Lalu bagaimana cara mengembangkan dana pensiun tersebut? Kalau hanya sekadar menyimpannya dalam tabungan konvensional, tentunya bukannya tumbuh, melainkan semakin menyusut.

Beda halnya, jika dana tersebut dialokasikan ke investasi modern, program deposito J Trust Bank, yang memberikan imbal hasil (return) tinggi di atas bunga deposito perbankan lain.

Pada bulan April ini, PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) menawarkan sejumlah program deposito dengan bunga deposito yang menarik kepada nasabahnya.

Program itu antara lain bunga deposito yang fantastis hingga 6%, program deposito dengan tiga keuntungan 1-2-3 (Let’s 1-2-3), program bundling deposito J Trust One dan program Win Win Win.

Dalam program Let's 1-2-3, J Trust Bank menawarkan tiga keuntungan bunga deposito dengan penempatan deposito tiga kali dalam satu periode. Hanya dengan menempatkan deposito minimum Rp20 juta, nasabah akan memeeroleh suku bunga deposito spesial yang lebih tinggi dari suku bunga deposito biasa.

Nasabah harus menempatkan dana deposito sebanyak tiga kali berturut-turut dengan total penempatan Rp70 juta dalam satu kali periode.

Nasabah akan mendapatkan bunga deposito yang berbeda untuk setiap penempatan. Tenor yang dipilih dapat sama semua untuk tiga deposito atau dapat pula berbeda-beda (mix). Penempatan dana dapat diperpanjang satu kali lagi dengan penambahan dana baru.

Pada deposito pertama, nasabah menempatkan dana dengan nominal Rp20 juta dengan bunga deposito 5,75% per annum (p.a), deposito kedua Rp20 juta (6,0% p.a) dan deposito ketiga Rp30 juta (6,25% p.a). Adapun jangka waktu penempatan dana yang tersedia 2,3,4, 6 dan 12 bulan.

Untuk perpanjangan program ini, total paket dapat menjadi Rp140 juta dengan dana tambahan tetap yang merupakan dana baru. Program ini berlaku pada 1 April 2021 hingga 30 April 2021.

Dalam program ini, ketentuan pajak 20% untuk bunga deposito tetap berlaku, kecuali jika terdapat ketentuan lain untuk nasabah khusus. Selain itu, apabila nasabah melakukan break, nasabah akan dikenakan penalti sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×