kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.514.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.511   28,00   0,18%
  • IDX 7.760   25,02   0,32%
  • KOMPAS100 1.205   3,50   0,29%
  • LQ45 961   2,42   0,25%
  • ISSI 234   1,13   0,48%
  • IDX30 494   1,12   0,23%
  • IDXHIDIV20 593   1,74   0,29%
  • IDX80 137   0,38   0,27%
  • IDXV30 142   -0,50   -0,35%
  • IDXQ30 164   0,08   0,05%

Ini Upaya Asabri dalam Meningkatkan Layanan ke Peserta


Minggu, 20 Oktober 2024 / 13:04 WIB
Ini Upaya Asabri dalam Meningkatkan Layanan ke Peserta
ILUSTRASI. Aplikasi Asabri


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asabri telah melakukan sejumlah transformasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik, transparan, dan akuntabel kepada peserta.

Salah satu tranformasi yang sudah dilakukan adalah dengan menghadirkan layanan digital. Perusahaan ini telah menghadirkan beberapa inovasi digital untuk meningkatkan layanan. 

Diantaranya ada portal layanan online yang memudahkan peserta dan ahli waris mengajukan klaim dan memantau status klaim secara online. Kemudian ada aplikasi mobile Asabri yang bisa digunakan memeriksa informasi saldo, pengajuan manfaat, dan jadwal pembayaran pensiun secara real-time. 

Lalu,  sistem Asabri sudah terintegrasi dengan database instansi pemerintah untuk memudahkan verifikasi data peserta.

Direktur Hubungan Kelembagaan Asabri, Khaidir Abdurrahman, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kapada peserta.

Baca Juga: 15 Dana Pensiun Masuk Pengawasan Khusus OJK, Dua di Antaranya Ajukan Pembubaran

Terbaru, Asabri menggelar sosialisasi program mengenai hak-hak pensiun peserta Asabri yang telah memasuki masa pensiun. Ini dilakukan untuk memberikan informasi yang mendalam mengenai hak-hak pensiun yang menjadi hak peserta. 

Khaidir bilang, ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh para penerima pensiun, seperti autentikasi dan Surat Pernyataan Tanda Bukti Diri (SPTB). 

“Autentikasi dilakukan rutin setiap bulannya melalui aplikasi ASABRI STAR. Pastikan sebelumnya, sudah melakukan enrollment atau perekaman wajah di kantor cabang maupun unit mitra kerja pembayaran Asabri.

Selain itu, kata dia, pelaporan Surat Pernyataan Tanda Bukti Diri (SPTB) dilakukan satu kali dalam setahun melalui Asabri Mobile. Kewajiban ini bertujuan untuk memperbarui data penerima pensiun untuk memastikan pembayaran yang tepat.

Baca Juga: TASPEN Catat Pertumbuhan Investasi 10,55% di Triwulan III 2024

Khaidir berharap kegiatan itu bisa memberikan pemahaman yang lebih lengkap kepada para peserta mengenai hak-hak mereka, serta memastikan akses yang mudah dan tepat waktu terhadap berbagai layanan yang tersedia. Sosialisasi ini menjadi langkah penting dalam memastikan kesejahteraan para pensiunan terjamin dengan baik di masa depan.  

Saat ini, Asabri sudah memiliki lebih dari 1.900 titik layanan Asabri  Link yang tersebar di 38 provinsi untuk melayani nasabah. Layanan tersebut bekerja sama dengan 13 mitra bayar. Lalu, perusahaan juga punya aplikasi Asabri Star dan Asabri Mobile.

Selanjutnya: Prabowo: Semua Subsidi Harus Sampai Semua kepada yang Membutuhkan

Menarik Dibaca: Promo Dekoruma-CIMB Niaga, Tawaran Diskon hingga Rp 350.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

[X]
×