kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Tania yakin laba tahun ini melonjak


Sabtu, 15 November 2014 / 09:48 WIB
Jasa Tania yakin laba tahun ini melonjak
ILUSTRASI. Anime Oshi no Ko Episode 8 Tayang Malam ini? Cek Jadwal Terbaru Berikut ini


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih mempengaruhi bisnis asuransi kesehatan di Indonesia. Salah satu perusahaan asuransi yang terkena dampak adalah Asuransi Jasa Tania. Perusahaan asuransi umum ini memperkirakan tren penurunan premi bakal berlanjut sampai akhir tahun nanti.

Asuransi Jasa Tania memprediksi, premi bruto sepanjang tahun ini akan menurun 11,7%. Artinya, premi bruto Jasa Tania akan mencapai Rp 254,7 miliar pada akhir 2014, lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang Rp 288,5 miliar.

Sebenarnya, premi bruto Jasa Tania sudah menurun hingga akhir kuartal ketiga tahun ini. Penurunan pendapatan premi bruto per September 2014, bahkan mencapai 17% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 204,8 miliar.

Slamet Solikhun, Direktur Asuransi Jasa Tania, mengatakan, penyebab penurunan premi adalah tidak ada perpanjangan produk asuransi kesehatan seiring pemberlakuan program BPJS Kesehatan. Penurunan premi juga terjadi di sektor asuransi kendaraan bermotor. Nah, agar premi tak makin melorot, Jasa Tania akan menggenjot segmen yang masih tumbuh positif.

Semisal asuransi properti, engineering dan marine cargo. Selain itu, Jasa Tania menggenjot bisnis melalui produk-produk baru. "Kami berharap produk baru sudah memberi kontribusi tahun ini," kata Slamet. Meski dari pendapatan premi diperkirakan turun, laba Jasa Tania diramal tetap bisa melaju kencang.

Sampai akhir tahun nanti, perseroan ini mematok target laba menembus Rp 16,8 miliar atau melonjak 196,6% dibandingkan realisasi tahun lalu. Selain didorong oleh hasil underwriting yang positif, Slamet mengatakan, laba tahun ini juga bakal ditopang oleh hasil investasi yang lebih baik.

Saat ini, instrumen deposito masih mendominasi portofolio investasi Jasa Tania. Porsi investasi deposito mencapai 50%, disusul obligasi 30%, reksadana sebesar 5% dan sisanya diisi beberapa instrumen lain. "Kami atur portofolio untuk mencari hasil terbaik," imbuhnya.

Hingga kuartal III-2014, hasil investasi Jasa Tania menembus Rp 6,2 miliar. Sampai tutup tahun nanti, Slamet memprediksi, hasil investasi yang dikantongi mencapai Rp 6,7 miliar atau naik 111,6% dari realisasi tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×