Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) kembali mencetak prestasi dengan meraih penghargaan General Insurance Nation Market Leaders 2025 dalam ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA).
Penghargaan ini diberikan berdasarkan kinerja pendapatan premi perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia, meliputi asuransi umum, jiwa, reasuransi, serta pialang asuransi dan reasuransi.
Baca Juga: Pendapatan Premi Properti Jasindo Tumbuh 24% pada Sementer I- 2025
Penghargaan tersebut menjadi pengakuan atas pencapaian kinerja Jasindo sepanjang tahun 2024 yang mencatat pertumbuhan signifikan baik dari sisi keuangan maupun operasional.
“Penghargaan ini merupakan buah dari konsistensi kami dalam menjalankan transformasi menyeluruh dan memperkuat budaya kinerja tinggi di seluruh lini organisasi. Karyawan kami adalah fondasi utama yang mendorong pertumbuhan berkelanjutan Jasindo,” ujar Direktur SDM dan Umum Asuransi Jasindo, Dewi Utari, dalam seremoni penyerahan penghargaan, Rabu (16/7).
Pertumbuhan Kinerja yang Solid
Sepanjang tahun 2024, Jasindo membukukan pendapatan premi sebesar Rp4,02 triliun, tumbuh 21,65% dibandingkan tahun sebelumnya.
Baca Juga: OJK Susun SEOJK Tarif Premi Asuransi Properti, Ini Respons Jasindo
Laba bersih pun melonjak 52,91% menjadi Rp157,33 miliar. Sementara itu, Rasio Kecukupan Modal (RBC) tercatat kuat di level 150,40%.
Tak hanya itu, melalui program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), Jasindo telah melindungi 464.957 petani di lahan seluas 278.832 hektare pada 2024.
Sejak 2019, total petani yang telah mendapatkan perlindungan dari Jasindo mencapai 4,5 juta orang.
Transformasi dan Penguatan Tata Kelola
Capaian positif ini merupakan hasil dari transformasi menyeluruh yang telah dilakukan Jasindo selama beberapa tahun terakhir.
Baca Juga: Jasindo Lanjutkan Program Beasiswa Inspiratif, Tambah Analisis Biometrik
Transformasi ini mencakup seluruh aspek bisnis dan operasional, dengan penekanan pada penguatan tata kelola perusahaan berbasis Governance, Risk, and Compliance (GRC) yang terintegrasi serta pengambilan keputusan yang transparan dan akuntabel.
“Kami terus fokus memperkuat tata kelola perusahaan dan meningkatkan kapabilitas SDM, karena kami percaya kinerja perusahaan sangat ditentukan oleh kesiapan dan kualitas tim di dalamnya,” tutur Utari.
Jasindo juga menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan memperkuat peran sebagai mitra manajemen risiko (risk management partnership) bagi pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat luas.
Sinergi antara strategi bisnis yang solid dan pengelolaan SDM yang tepat menjadi kunci bagi Jasindo untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar (market leader) di industri asuransi umum Indonesia.
Dengan portofolio bisnis yang sehat, komitmen terhadap tata kelola dan keberlanjutan, serta kontribusi nyata dalam program perlindungan nasional, Jasindo siap menyambut berbagai peluang dan tantangan industri asuransi di masa depan.
Selanjutnya: Komitmen Lindungi Pekerja, Pegadaian Sabet Paritrana Award 2025
Menarik Dibaca: Promo Bunga Kredit 2,3% di GIIAS 2025 dari ACC dan Toyota Astra Financial
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News