Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mencatat sampai Juli 2017 agen layanan keuangan digital (LKD) mencapai 214,465 agen. Agen ini terdiri dari agen individu dan berbadan hukum.
Punky Purnomo Wibowo, Direktur Program Elektronifikasi dan Inklusi Keuangan BI mengatakan agen ini tersebar di 495 kabupaten kota di Indonesia. "Jumlah ini akan meningkat seiring meningkatnya kebutuhan agen penyaluran bantuan sosial," ujar Punky kepada KONTAN, Rabu (9/8).
Jumlah agen ini menurut Punky berasal dari lima bank penyelenggara LKD di antaranya BRI, Mandiri, BNI, BCA dan CIMB Niaga. Kedepan BI mengaku akan memperkuat pengembangan dan keberlanjutan LKD.
Prioritas yang akan BI dorong untuk LKD adalah perluasan penyaluran bantuan sosial non tunai pada 2018. Program prioritas ini salah satunya adalah untuk program keluarga harapan dan bantuan pangan non tunai yang masing-masing mencapai 10 juta pengguna.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News